Di bulan yang penuh dengan nuansa cinta ini, ternyata tidak demikian dengan dunia manga Jepang. Pasalnya tepat sabtu, 11 Februari 2017 yang lalu, dunia manga Jepang mendapatkan kabar yang mengejutkan dengan meninggal dunia nya mangaka Jiro Taniguchi.

Jiro Taniguchi meninggal di usia 69 tahun, selama hidupnya ia sukses berkarir di dunia manga Jepang, dengan berhasil membuat beberapa karyanya yang cukup terkenal seperti, “The Times of Botchan” dan “Kodoku no Gourmet”.

Jiro Taniguchi lahir di kota Tottori, Jepang bagian barat pada 1947. Ia tidak serta merta terjun kedalam dunia manga kala itu. Ia sempat bekerja di Western Clothing Wholesaler di Kyoto, baru setelahnya ia pindah ke Tokyo untuk mulai mewujudkan impiannya menjadi seorang mangaka. Dan ketika ia berusia 24 tahun, ia berhasil memulai debutnya debutnya dengan manga pertamanya berjudul “Kareta Heya” dan membangun ciri khas dari manga buatannya dengan gaya seni garis halus dan shading tanpa tinta. Ia banyak membuat karya untuk kalangan pembaca dewasa dengan tema tentang kehidupan sehari-hari masyarakat pada umumnya.

Karyanya yang berjudul “The Times of Botchan” merupakan karya hasil kolaborasi antara dirinya dengan penulis Natsuo Sekikawa yang membuat sebuah cerita fiksi dari kehidupan Botchan yang sebenarnya. ‘Botchan’ merupakan novel katya penulis terkenal jepang Souseki Natsume. Karya kolaborasi tersebut telah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya The Japan Cartoonists Association Awards kategori Excellence Award dan The Tezuka Osamu Cultural Prize kategori Top Honor. Tak berhenti sampai di situ, Taniguchi juga berkolaborasi dengan penulis cerita Masayuki Kusumi untuk menghasilkan karyanya yaitu “Kodoku no Gourmet manga” yang bercerita tentang seorang salesman yang bernama  Gorō Inagashira yang bepergian ke seluruh Jepang dan mencoba makanan lokal yang ia temui di sudut-sudut jalan.  Manga ini kemudian dijadikan sebuah live action televisi series yang hingga bulan lalu sukses dipublikasikan hinggga season enam.

Kepopuleran karya Jiro Taniguchi tak hanya berhenti sampai disitu saja. Di Luar negeri karya Jiro Taniguchi mendapatkan nominasi di Ignatz Award di tahun 2010 dan beberapa nominasi di Eisner Award dari tahun 2007 hingga 2010. Jiro Taniguchi sendiri mendapatkan gelar kebangsawanan sebagai chevalier di France’s Ordre des Arts et des Lettres pada 2011. Jiro Taniguchi juga berkolaborasi dengan salah satu pemenang penghargaan yaitu Moebius, pada manga Icaro (Icare).

Jiro Taniguchi

Berikut adalah manga yang berhasil Jiro Taniguchi terbitkan hingga ke luar negeri: Guardians of the Louvre (Les Gardiens du Louvre), The Summit of the Gods (dijadikan film live action dan rencananya akan menjadi French CG film), A Distant Neighborhood (dijadikan eropa live action film), The Walking Man, A Zoo in Winter, The Ice Wanderer, The Quest for the Missing Girl, Samurai Legend, Hotel Harbour View, dan Benkei in New York.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here