Beberapa hari ini sepertinya sedang tak begitu menyenangkan bagi Shonen JUMP. Dari minggu lalu sampai sekarang ini mereka jadi ramai karena salah satu seri terpopuler mereka, Boku no Hero Academia, memicu amarah negara tetangga China dan Korea dan lain-lain karena nama salah satu karakternya. Dan minggu ini diumumkan dua seri terkenal mereka sedang dan akan break, yaitu JUMP Manga Haikyuu & Black Clover.

Haikyuu adalah manga sport karya Furudate Haruichi yang diserialisasikan majalah manga Shonen JUMP sejak Februari 2012. Manga tersebut mendapatkan adaptasi anime berupa seri TV dan juga beberapa movie, dan saat ini sedang menayangkan season terbarunya.

Mengisahkan anak SMP bernama Hinata yang ingin menjadi pemain Volley yang hebat seperti idolanya, tapi ia dikalahkan oleh anak SMP yang juga pemain volley jenius bernama Kageyama, membuatnya bersumpah untuk mengalahkan Kageyama. Tapi takdir berkata lain saat keduanya lulus SMP dan ternyata masuk SMA yang sama dan masuk dalam tim yang sama.

Dan sayangnya minggu ini cerita tersebut tak berlanjut. Dalam majalah manga Shonen JUMP edisi 11 yang dirilis minggu ini dikatakan kalau tak ada chapter Haikyuu karena Furudate sang mangaka tiba-tiba jatuh sakit. Tapi diumumkan manga itu akan balik lagi pada edisi 12.

Black Clover adalah manga action fantasy karya Tabata Yuuki yang diserialisasikan majalah manga Shonen JUMP sejak Februari 2015 lalu. Manga tersebut menjadi populer walau ada beberapa yang mengkritknya, membuatnya mendapatkan adaptasi OVA oleh Xebec, dan kemudian dibuat menjadi full anime seri yang ditayangkan tahun 2017 dan masih berlanjut sampai sekarang.

Mengisahkan seorang pemuda yatim piatu bernama Asta yang tak memiliki kemahiran dalam magic, tapi ia kemudian berhasil mendapatkan sebuah buku sihir bergambarkan 5 helai Black Clover, yang membuatnya bisa memakai kekuatan sihir.

Dan sayangnya diumumkan kalau manga Black Clover akan break seminggu pada Shonen JUMP edisi 12 yang dirilis minggu depan, tapi akan kembali pada edisi 13. Tak seperti Haikyuu, tak diberikan penjelasan akan alasan break ini.