Selalu ada seri anime baru yang dibuat dan ditayangkan setiap musimnya di Jepang, dan dengan banyaknya seri yang mengandung elemen ecchi atau kekerasan, seri itu masuk anime ShinYa alias anime yang tayang larut malam. Akan tetapi ada yang agak mengejutkan baru-baru ini, karena seorang netizen menemukan kalau jumlah ShinYa anime Spring 2019 ini ternyata malah menurun dari spring 2018 lalu, dan penurunannya juga tidak kecil.

User tersebut adalah AnimeLocal dan ia membuat bagan list anime larut malam yang ditayangkan pada musim Spring tahun 2018 dan 2019. Sedikit catatan kalau yang masuk dalam list itu adalah seri anime yang tayang dalam durasi satu episode normal alias 20 menitan, tak termasuk anime pendek.

Dan disitu dicatat kalau jumlah anime spring 2018 larut malam mencapai 42 seri. Sedangkan untuk anime spring 2019 ini yang telah dikonfirmasi tayang larut malam total berjumlah… 15 seri. Ya, penurunan yang sampai lebih dari lima puluh persen dari tahun lalu.

AnimeLocal kemudian menteorisasikan beberapa alasan kenapa bisa ada penurunan seperti itu. Ia mengatakan bisa saja ini dikarenakan sedikitnya manga atau novel yang berpotensi dijadikan anime, atau makin berkurangnya dana membuat projek anime, atau perubahan sistem kerja industri anime.

Tapi hal ini dilihat sebagai perbaikan, dengan AnimeLocal mengatakan kalau memang terlalu banyak anime yang dibuat, dan mencoba membuktikannya dengan bertanya berapa banyak anime Spring 2018 yang melekat dalam kenangan?

Pendapat yang juga disetujui oleh beberapa netizen yang mengkomentari list tersebut. Ada juga yang berharap kalau penurunan kuantitas ini bisa menjadi adanya peningkatan dalam hal kualitas anime yang dibuat.

Tapi sedikit catatan tambahan yang juga dikatakan oleh AnimeLocal adalah jumlah tersebut bukanlah jumlah pasti. Ia mengatakan kalau masih ada 10 seri lagi yang jadwal tayangnya masih belum dipastikan.

Belum lagi saat ini masih ada sekitar dua sampai tiga mingguan sebelum pergantian musim dari Winter ke Spring, dan bisa saja dalam waktu tersebut diberikan pengumuman anime-anime yang akan tayang larut malam musim depan.