Banyak yang mengatakan kalau tempat bekas terjadinya perang akan menjadi tempat yang angker. Biasanya di tempat tersebut akan muncul hantu – hantu tentara yang tewas, hantu dari masyarakat yang menjadi korban, hantu tanpa kepala, atau bahkan hantu yang memiliki sosok menyerupai hewan. Di Jepang, sosok yang “mendiami” lokasi bekas perang adalah pohon. Roh pohon itu haus akan darah manusia dan tidak segan – segan menyantap mangsangnya.

“An evil tree that thrives in death grounds, such as battlefields or execution sites. It is said to become a monster when a tree drinks a lot of blood. Those who pass by are caught by its branches, and their blood is sucked out for its nourishment.”

—Compendium Data

Jubokko, adalah sebatang pohon yang tumbuh di tempat – tempat terjadinya perang atau pembunuhan masal. Jika tanah wilayah tersebut tergenang oleh darah dari para manusia hasil peperangan, maka pohon ini akan muncul. Sekilas Jubokko memang terlihat seperti pohon biasa, tetapi jika diperhatikan lebih dekat akan terlihat tulang – tulang manusia yang berserakan di bawahnya.

tree twisted roots

Jubokko awalnya hanyalah sebatang pohon biasa, tetapi karena jumlah darah manusia yang menggenanginya, pohon itu berubah menjadi yokai. Selain itu, pohon ini hanya haus akan darah manusia saja.

Pohon yang sudah menjadi Jubokko tidak akan tumbuh condong ke matahari, melainkan ke arah jalan untuk menarik perhatian manusia. Biasanya, manusia yang penasaran akan mendekat untuk melihat, lalu ketika mereka sudah mulai melihat tulang – tulang yang berserakan di sekitar akan pohon yang menyembul, batang – batang pohon akan mulai menyerang. Mereka akan melilit tubuh mangsanya, lalu menghisap darah mereka sampai habis. Setelah mangsanya mati kehabisan darah, Jubokko akan melepaskan tubuh mati tersebut. Selanjutnya tubuh itu akan dimakan oleh burung dan hewan – hewan liar lainnya sehingga hanya tersisa tulangnya saja. Jubokko lebih senang untuk menkonsumsi anak kecil. Konon katanya, darah anak kecil akan terus membuat pohon terlihat sehat dan segar.

Jika ada yang mencoba untuk menebang pohon ini, maka yang keluar dari kulit pohon adalah darah. Setelah itu, luka yang mengeluarkan darah akan dengan segera menutup dan sembuh kembali seperti tidak terjadi apa – apa. Batang pohon yang mengandung darah ini dikatakan juga bisa menyembuhkan penyakit dan luka dengan cepat. Hal yang diperlukan hanyalah izin dari pohon yang bersangkutan.

031-jubokko

Tidak ada cara untuk menghindari roh yang satu ini. Sekali tertangkap, maka habislah riwayat. Mungkin satu – satunya cara untuk mneghindari tragedi ini adalah “Jangan main dekat – dekat pohon.”