Negara Jepang sangat terkenal akan keretanya. Kereta peluru alias Shinkansen memang begitu erat dengan budaya Jepang, dan dipakai dalam berbagai hal, seperti melakukan kolaborasi dan promosi turisme. Tapi yang penting dari kereta di Jepang adalah sebagai transportasi bagi masyarakat Jepang yang aktif bekerja. Untuk itu, ketepatan waktu sangat penting, sampai perusahaan kereja JR West mohon maaf kereta berangkat 25 detik lebih awal.

Ya, perusahaan Japan Railway barat atau JR West baru-baru ini mengadakan jumpa pers dan benar-benar memberikan ucapan permohonan maaf kepada masyarakat. Alasannya, adalah karena pada tanggal 11 Mei kemarin, salah satu keretanya ada yang berangkat sampai 25 detik lebih cepat dari yang dijadwalkan.

Dalam pers tersebut JR West mengatakan “Ketidaknyamanan pelanggan yang kami sebabkan ini tak dapat dimaafkan” dan ditambahkan juga “Kami akan benar-benar mengevaluasi tindakan kami dan berusaha keras agar insiden ini tidak akan terjadi lagi”.

Kereta tersebut adalah yang beroperasi di Stasiun Notogawa di Prefektur Shiga. Yang berangkat pada jam 07.11.35 dimana seharusnya mereka berangkat pada jam 07.12. Itu karena kondektur kereta tersebut salah mengira jam berangkatnya pada 07.11.

Begitu ia sadar akan kesalahannya, ia memilih menutup pintu kereta dan berangkat lebih awal daripada telat berangkat, karena ia sendiri tak melihat ada orang. Tapi sebenarnya ada beberapa orang yang melihatnya, dan orang-orang tersebut jadi ketinggalan kereta, dan mereka tentu melaporkan kesalahan itu.

Terlalu cepat 25 detik mungkin terlihat begitu kecil, tapi Jepang sangat sangat memperhatikan ketepatan waktu, apalagi kereta adalah transportasi utama masyarakatny dan kadang satu-satunya bagi pekerja Jepang untuk bisa tepat waktu sampai kantor.

Jadi saat hal seperti ini terjadi, seorang pekerja bisa saja ketinggalan kereta, membuat mereka terpaksa menunggu kereta berikutnya, yang datangnya bisa beberapa menit kemudian, membuat mereka jadi telat masuk kantor dan bisa mendapat teguran dari kantornya.

Pandangan yang penting akan ketepatan waktu oleh kereta juga telah dibuktikan diakhir tahun 2017 lalu dimana hal yang serupa juga terjadi. Dengan sebuah kereta dijalur Tokyo berangkat 20 detik lebih cepat dari yang dijadwalkan, dan langsung juga diisukan permohonan maaf dari perusahaan Metropolitan Intercity Railway.

Comments