Gelaran Grammy Awards ke 58 digegerkan oleh seorang anak laki-laki yang baru berusia 12 tahun, yang masuk sebagai Nominasi Best improvised Jazz Solo dan Best Jazz Album. Yup Dia adalah Joey Alexander, anak Indonesia yang mengagetkan berbagai kalangan karena dapat tampil di ajang Grammy Awards. Minimnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang musik Jazz, ternyata tak membuat Joey berhenti menunjukan kemampuannya, bahkan dapat membuat sebuah album yang akhirnya membawanya ke berbagai festival Jazz tingkat dunia dan membuatnya masuk di Nominasi Grammy Awards.

Kelihaian Joey Alexander dalam memainkan Piano, membuatnya disegani oleh banyak kalangan mengingat usia nya yang masih 12 tahun. Hal ini pun mengingatkan para pecita anime musik dengan beberapa karakter anime yang juga merupakan prodigy dalam hal memainkan Piano. Dalam situs meme terkenal dari Indonesia 1cak.com misalnya, muncul sebuah Meme lucu yang mengibaratkan Joey Alexander sebagai karakter Kimi Uso yaitu Arima Kousei.

Meme dari 1Cak.com Kousei x Joey
Meme dari 1Cak.com Kousei x Joey

Memang kedua karakter diatas memiliki kemiripan sebagai pianis prodigy yang sangat berbakat. Dan penampilan Kousei dan Joey yang berkacamata juga semakin menambah kemiripan diantara mereka. Namun tahukah kalian bahwa ada Karakter Anime yang lebih mirip dengan Joey Alexander selain Kousei Arima. Bahkan kemungkinan karakter/Anime yang satu ini bisa jadi merupakan salah satu inspirasi dari Joey Alexander dalam musiknya. Dia adalah Kaoru Nishimi dari Anime Kids On The Slop (Sakamichi no Apollon)

Joey x Kaoru
Joey x Kaoru Nishimi

Kenapa Joey lebih mirip Kaoru daripada Kousei? Karen selain kemiripan dalam hal penampilan, dimana Joey, Kousei dan Kaoru juga sebenarnya sama-sama mirip, hal lain yang membuat Joey lebih mirip dengan Kaoru tentu saja adalah Genre musik yang dimainkan. Meskipun sama-sama memainkan piano, Kousei Arima dari Kimi Uso lebih terkenal memainkan musik dengan Genre Classic dengan duetnya bersama Kaori dengan Biolanya. Sementara itu Joey terkenal dengan permainan Jazznya, dan uniknya Kids on The Slope yang bercerita tentang pertemanan antara orang-orang yang bermain Jazz di basement tersebut, memunculkan karakter Kaoru Nishimi sebagai pianis old Jazz yang berbakat.

Sebelumnya saya bilang bahwa Kids On The Slope mungkin merupakan salah satu Anime yang menginspirasi Joey, kok bisa? Bagi kalian yang sudah melihat Anime ini mungkin langsung menyadarinya jika mengetahui Judul Album dan Lagu yang mengantarkan Joey menuju Grammy Awards. Yup, Judulnya adalah “My Favorite Things”.  Yup “My Favorite Things” sebuah lagu operet yang versi Jazz nya di populerkan oleh John Coltrane ini, juga diangkat dalam Anime Kids On The Slope yang juga menjadi salah satu lagu andalan di Anime tersebut.

Dibawah ini bisa kita lihat dimana penampilan Kaoru dan Joey Alexander dalam memainkan lagu andalan “My Favourite Things”

Penampilan Solo Joey di PRI (Public Radio International) dengan lagu My Favorite Things

Sementara berikut adalah salah satu scene Kids On the Slope dimana Kaoru, mencoba mengisi kekosongan pentas seni yang sedang heboh karena mati lampu, dan memainkan lagu My Favorite Things, yang akhirnya disambut dengan gebukan drum sentaro, dan akhirnya di medley dengan lagu Jazz lain Moanin’.

Bagaimana menurut kalian kemiripan yang terjadi antara Kaoru dan Joey? Entah kenapa kalau saya pribadi, dua sosok ini mengingatkan saya pada satu sama lain. Saat saya melihat Joey mengingatkan saya kepada Kaoru, begitu pula sebalinknya. Meskipun saya tahu disetiap anime pasti ada embel-embel anime ini hanya fiksi, kemiripan karakter, cerita, dll hanya kebetulan saja, :p tapi tetap saja selalu menarik melihat hal yang ada dalam Anime ternyata ada kemiripannya di dunia nyata, betul tidak?

Berikut bonus penampilan Joey dan Kaoru dengan My Favorite Things di kesempatan yang berbeda.