Jepang memiliki bermacam – macam jenis youkai, dari mulai setan yang cuma nampak sampai ke jenis siluman yang hobi makan aneh – aneh. Nah, Akiba – chan dan Akiba – kei pasti sudah tidak asing dengar cerita – cerita “aneh” tentang makhluk halus dari Negeri Matahari Terbit itu. Tetapi, apa ada yang pernah dengar kisah tentang Jikininki? Bukan hanya penampakannya yang menyeramkan, tetapi juga jenis makanannya bisa buat merinding!

Pasti Akiba – chan dan Akiba – kei tidak asing dengan series “Tokyo Ghoul” dong ya. Kaneki Ken, sang pemeran utama yang mendadak berubah jadi ghoul harus ganti makanan jadi daging manusia. Nah, Jikininki ini juga merupakan ghoul yang makan daging manusia! Bedanya, kalau ghoul di Tokyo Ghoul harus membunuh dulu, Jikininki ini makan mayat yang sudah ada.

Jikininki (食人鬼) sendiri diartikan sebagai hantu pemakan manusia. Wujud mereka seperti manusia, tetapi gigi mereka lancip dan tajam untuk menyobek daging dari jasad. Kayak taring semua. Makhluk ini biasanya bisa ditemukan di kuil – kuil yang sudah terabaikan dekat pemukiman. Kenapa harus di dekat pemukiman? Untuk memudahkan pencarian makanan.

Jikininki

Sebenarnya, walaupun namanya “Hantu Pemakan Manusia”, yang mereka makan sebenarnya bukanlah manusia hidup, tetapi manusia yang sudah meninggal. Mereka biasa muncul dan mencari makanan pada malam hari. Jika mereka muncul pada siang hari, maka tidak akan ada yang menyadari bahwa mereka bukan manusia.

Sebenarnya, Jikininki juga tidak suka harus makan tulang dan daging dari manusia yang telah meninggal. Toh itu juga tidak membuat mereka kenyang. Tetapi, mereka hanya bisa memakan itu sebagai bentuk dari kutukan rasa lapar tiada tara selamanya dan hanya bisa meredakan bukan menghilangkan rasa laparnya.

Baca Juga: Tiga Youkai Terburuk Di Jepang #1 : Shuten Douji

Jikininki dikabarkan masih satu tipe dengan Gaki, sesosok hantu yang terus merasakan lapar tapi tidak bisa makan apa – apa. Ada dua pendapat yang dipercaya mengenai kelahiran youkai jenis ini.

Pertama, Jikininki lahir dari orang yang serakah dan melakukan perbuatan korupsi atau orang dengan sifat jahat yang mengkonsumsi jiwanya, bahkan katanya, pendeta yang serakah dan hobi pasang tarif tinggi – tinggi juga akan menjadi makhluk ini sesudah wafat.

Pendapat kedua adalah mereka lahir dari “kesukaan” manusia itu sendiri. Manusia yang memang suka makan daging manusia, dikabarkan akan menjadi sosok Jikininki. Kedua pendapat itu masih sama – sama dipercayai. Mungkin ini alasan kenapa pada takut korupsi.

LEAVE A REPLY