Dengan besarnya animanga di Jepang, banyak hal yang dilakukan dengan berkolaborasi bersama dunia animanga. Melakukan kolaborasi iklan produk menjadi sesuatu yang umum, tapi bisa juga dilakukan hal lain lagi, seperti untuk meningkatkan kesadaran akan suatu hal. Dan itulah yang dilakukan oleh seri SailorMoon baru-baru ini, yang dipakai untuk meningkatkan kesadaran akan Aids melalui SailorMoon Condom.

Yup, kondom Sailor Moon 😀 mungkin agak mengejutkan melihat animanga klasik mengenai petualangan para gadis muda yang dapat berubah jadi Sailor Senshi berkekuatan sakti untuk melawan kegelapan dipakai untuk meningkatkan kesadaran akan hal macam itu.

Tapi sepertinya memang ada potensi efektif, apalagi melihat betapa terkenalnya Sailor Moon baik diluar maupun dalam negara Jepang, dan seri itu memang telah berjalan begitu lama dengan generasi dewasa lama tahu animanga klasiknya dan generasi remaja muda juga tahu akan remake anime modernnya.

Kolaborasi ini adalah hasil kerjasama banyak pihak. Diantaranya adalah dari Japan Foundation for Aids Prevention dan Act Against Aids (AAA) yang juga melibatkan produser kondom terkemuka berkualitas tinggi di Jepang, Okamoto, sampai juga melibatkan Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial Jepang.

Hasilnya, adalah produk kondom dengan bungkus Sailor Moon yang terlihat lumayan mewah, cantik, dan kawaii yang berwarna pink dan dibungkus dalam bentuk hati yang bergambarkan chibi Sailor Moon bertuliskan Prevention of STI (Sexually Transmitted Infection). Dan yang menarik lagi dari produk ini, adalah kondom Sailor Moon tersebut dibagikan gratis!

Dimana melalui kerjasama yang juga dilakukan dengan Fukuoka CROSS FM dan Hiroshima FM, membuat adanya acara pembagian gratis kondom tersebut di Fukuoka Momochi shopping complex yang sudah diadakan tanggal 5 Oktober kemarin, dan di Alice Garden Hiroshima yang akan diadakan tanggal 14 Oktober nanti.

Ini bukan pertama kalinya ada pembagian produk kondom animanga, dengan tahun 2017 lalu juga ada promo anime Koi to Uso yang merayakan penayangannya dengan membagi-bagikan kondom dengan bungkus bergambarkan karakter heroine animanga itu, yang terbukti populer dan Membeludak.