Jepang Rencana Longgarkan Batasan Coronavirus

0
160

Masa pandemik masih belum selesai juga, dan itu termasuk pada negara Jepang. Penularan coronavirus masih lumayan tinggi, sampai masa darurat baru yang awalnya direncanakan selesai minggu ini malah dipanjangkan sampai awal Maret. Tapi sepertinya keadaannya tak seluruhnya suram. Dengan beberapa update kabar pahit manis penularan covid-19 pada dunia entertainment, dan kabar kalau Jepang mau longgarkan batasan masuk pekerja dari luar.

Kita mulai dengan kabar update coronavirus dari dunia seiyuu. Kini ditemukan kalau semakin banyak seiyuu yang sebelumnya kena sudah sembuh dan bisa mulai bekerja lagi. Agensi seiyuu Style Cube mengumumkan kalau seiyuu Ishihara Kaori, Toyota Moe, Ito Miku sudah sembuh dari coronavirus dan bisa aktif kembali.

Enoki Junya juga dikonfirmasi kalau ia sudah sembuh. Sebelum konfirmasi tersebut ia sebenarnya sudah hadir sebagai tamu kejutan dalam event film Jujutsu Kaisen 0 untuk mengumumkan konfirmasi akan season baru anime Jujutsu Kaisen.

Tapi selain kabar kesembuhan ada juga kabar penularan baru lagi. Dengan dikabarkan kalau virtual Youtuber agensi HoloLive, Amane Kanata, positif terinfeksi covid-19 diawal minggu ini. Ini bukan pertama kalinya dengan tahun lalu Vtuber HoloLive cabang Indonesia Airani Iofifteen juga sempat positif terinfeksi.

Menariknya, sang Vtuber sepertinya mau menunjukkan kepada fans kalau mereka tak perlu terlalu khawatir. Dengan Kanata tetap memberi hiburan pada fans meski ia sedang menyembuhkan diri, melalui merilis video kecil-kecilan dimana ia memainkan suaranya yang jadi serak karena infeksi coronavirus untuk membuat sulih suara lucu.

Dan kabar menarik lainnya adalah dari negara Jepang itu sendiri. Dimana meskipun pandemik masih lumayan tinggi dan masa quasi darurat coronavirus dipanjangkan lagi, diumumkan kalau negara itu akan melonggarkan batasan Covid-19 masuk Jepang mulai dari bulan Maret.

Pelonggaran tersebut tapi hanya bagi pekerja atau pelajar luar negari dimana mereka perlu memiliki sponsor. Sayangnya bagi turis asing, batasan tersebut masih belum dilonggarkan. Dan dikabarkan juga kalau Jepang akan menaikan batas masuk jumlah pendatang dari 3.500 jadi 5.000, dan periode karantina juga diperpendek dari seminggu jadi 3 hari.