Sebagai negara kepulauan, Jepang memiliki banyak pantai. Tapi yang terkenal biasanya adalah pantai-pantai yang ada di Prefektur Okinawa, yang bisa dibilang layaknya Bali of Japan. Tapi selain di prefektur tersebut, ada banyak pantai lagi di prefektur Jepang lainnya, dan ada juga yang sangat menarik untuk dikunjungi. Contohnya adalah sebuah pantai kaca beling! Waduh kalau begitu tajam dan bahaya untuk diinjak kali ya?

Tapi dimanakah pantai itu? Letaknya ada di Prefektur yang kemungkinan orang-orang yang bahkan bukan fans budaya Jepang juga tahu, karena perannya yang besar dalam sejarah dunia. Yaitu di Prefektur Nagasaki, tepatnya di Kota Omura.

Pantai kaca beling itu adalah bagian dari Morizono Park, sebuah taman dimana pengunjung dapat datang dan melakukan aktivitas seperti piknik atau barbeque. Taman tersebut berdekatan dengan pantai kaca itu, dan dari situ dapat terlihat Teluk Omura yang indah.

Bagi pengunjung yang ingin pergi ke pantai tersebut dapat melakukannya dengan turun tangga kecil. Tapi tunggu duluu, apakah pantai tersebut aman untuk didatangi? Karena serpihan kaca dan beling kan tajam dan berbahaya untuk diinjak..

Ternyata mina-san tak perlu khawatir, karena pantai itu daijoubu alias tak apa-apa untuk didatangi. Karena serpihan-serpihan kaca tersebut sudah ditumpuli, dan tidak tajam, jadi aman untuk disentuh dan juga untuk diinjak.

Tapi kenapa bisa ada pantai seperti itu? Memang beling atau kaca bisa saja ada yang terhanyut ke pantai dari laut entah dari mana, tapi kenapa bisa ada pantai dimana pasirnya terbuat dari kaca beling? Alasannya ternyata, untuk mencegah bau.

Ya, Bau, alasan yang unik ya. Sebenarnya sebelum menjadi pantai kaca, tempat itu adalah daerah bebatuan yang dipenuhi oleh alga/ganggang. Dan alga tersebut suka membusuk dan menciptakan bau yang begitu menyengat, apalagi saat musim panas.

Dan karena itulah, daerah bebatuan tersebut kemudian ditimbun oleh serpihan-serpihan kaca halus, yang berasal dari kaca yang didaur ulang. Timbunan pasir kaca tersebut dapat mencegah adanya pertumbuhan alga, jadi tak ada alga yang membusuk, dan takkan ada bau busuk yang keluar disitu. Omoshiroi sekali ya mina-san, adakah yang mau coba berkunjung kesitu?

https://www.youtube.com/watch?v=iCMndBzDKpw