Pembangunan fasilitas demi kemajuan teknologi untuk kemudahan hidup manusia di Jepang tidak menyurutkan tekat masyarakatnya untuk tetap mencintai alam dan lingkungannya. Fasilitas seperti landasan pesawat, rel kereta, dan jalan raya yang berdekatan dengan ekosistem alami sering kali mengalami kemacetan atau pun delay. Hal itu sering kali disebabkan karena adanya binatang yang menyeberang. Untuk beberapa binatang yang hidup tidak mengelompok memang tidak menjadi masalah besar, tetapi untuk hewan yang hidup mengelompok dalam jumlah banyak akan membuat masalah karena barisan panjang binatang tersebut akan memakan waktu yang lama untuk menyelesaikan penyeberangan.

tunel 0kura-kura yang terjebak di rel kereta

foto di atas adalah gambaran masalah yang sering terjadi di Jepang. Kura-kura tidak dapat menyeberang dan berakhir tersangkut di rel kereta. Hal ini menyebabkan kereta mengalami delay karena secara teknis terdeteksi adanya error pada rel kereta. Maka dari itu perlu adanya sebuah solusi untuk mengatasi hal ini. Kini di Jepang telah dibangun fasilitas untuk mengamankan binatang-binatang tersebut menyeberang tanpa harus meresahkan aktivitas manusia, yaitu lorong penyeberangan untuk kura-kura yang diinstal di bawah rel kereta.

tunnel 1Lorong penyeberangan untuk Kura-Kura

Kini kura-kura tidak lagi menjadi keresahan bagi penumpang kereta. Lorong ini baru saja dikembangkan beberapa waktu lalu sehingga belum ada informasi lebih lanjut mengenai lorong ini.

Akhir kata, semoga informasi bermanfaat, selamat beraktivitas 🙂