Kemungkinan besar mina-san sudah tahu kalau negara Jepang sangat serius dalam hal hukum, dan itu juga berlaku dalam dunia animanga dan game, contohnya mengenai masalah pembajakan yang melibatkan hal macam blokir dan minta bantuan Youtube. Dan kali ini ada kabar yang… menarik mengenai hukum dalam dunia game, dengan kabar kalau sekarang aksi macam save editing dan console modding dijadikan ilegal oleh Jepang.

Hukum ini diumumkan Desember kemarin oleh Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, yang merupakan revisi dari Unfair Competition Prevention Act. Revisi hukum tersebut memperluas definisi apa yang termasuk unfair competition atau kompetisi yang tak adil, dengan tujuan untuk melindungi konten game.

Kini, definisi itu termasuk menyebarkan alat atau program yang dapat memodifikasi save data game atau konsol game, misalkan menjual programnya dari website lelang online atau menawarkan jasa mod. Jika ada yang melanggar hukum tersebut, maka mereka bisa dikenakan biaya penalti sampai lima jutaan Yen atau kena penjara sampai lima tahunan.

Untuk yang tak begitu mengerti mengenai mengedit save data, contoh hal itu adalah program cheats macam Action Replay Max atau Game Shark. Karena alat itu bisa “mengubah” data game yang tak sesuai dengan tujuan dasar dalam game, seperti membuat unlock semua playable karakter langsung dari awal atau memberi unlimited HP dan lain-lain.

Efek hukum ini telah terasa dengan mulai diberhentikannya penjualan atau distribusi alat macam itu di Jepang. Contohnya Cyber Gadget yang berhenti menjual Save Editor data tool yang bisa membuat player memakai cheat dan patch. ARMax sendiri juga telah diberhentikan penjualannya.

Yang agak dipermasalahkan lagi untuk hukum ini, adalah karena struktur kata-kata yang tertulis, membuat hukum tersebut tak hanya berefek pada mereka yang menjual atau menyebarkannya, tapi bisa juga kena pada mereka yang memilikinya.

Jadi misalkan dihubungkan pada kasus konsol Nintendo seseorang bernama Miyamoto beberapa waktu lalu, wajar ia ditangkap karena membuat usaha modding konsol Nintendo. Tapi dengan hukum ini, melakukan modding (dan save editing) itu sendiri meski hanya sebagai hobi dan tidak dijual tetap bisa dianggap ilegal di Jepang. Tapi yaa setidaknya ini hanya di Jepang, semoga tak kena keluar juga.