Content provided by Keepo. Jepang memang dikenal sebagai negara paling maju di Asia. Tapi, fakta keren tersebut nggak bisa bikin Jepang bebas dari bencana alam loh. Berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik dan tepat berada di lempeng tektonik Pasifik membuat Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki ancaman bencana alam terbanyak di dunia. Tsunami, gempa bumi, hingga badai angin topan kerap melanda Negara Sakura ini.

Baca Juga: Waw! Telah Ditemukan Buku Ninja Berumur Ratusan Tahun!

Yang terbaru, Jepang baru saja dihantam badai angin topan yang membuat 3 kawasan di Jepang lumpuh total akibat diterjang banjir bandang. Dan, begini penampakan situasi kawasan di Jepang yang sudah dipenuhi air bah dan menjadi kota mati.

More article from Keepo.

1 – Bencana alam ini menjadi salah satu yang terburuk di Jepang.

Bencana alam ini menjadi salah satu yang terburuk di Jepang.

(Gambar via Japantimes/KYODO)
Bencana angin topan dan banjir bandang ini menjadi salah satu bencana terburuk yang melanda Jepang dalam beberapa tahun terakhir. Tiga kawasan di Jepang mengalami kerusakan yang sangat berat dan membuat kawasan tersebut menjadi kota mati. Kawasan seperti Saga, Hiroshima dan Yamaguchi langsung lumpuh total setelah diterjang badai topan, tapi kota yang mendapatkan dampak terparah ada di Saka, Hiroshima. Hampir 70 persen kota ini terendam banjir.

2 – Dampak terjangan angin topan ini nggak cuma bikin banjir bandang tapi juga tanah longsor.

Dampak terjangan angin topan ini nggak cuma bikin banjir bandang tapi juga tanah longsor.

(Gambar via Japantimes/KYODO)
Selain banjir bandang yang menggengi daerah di Hiroshima, Saga, dan Yamaguchi. Tanah longsor juga terjadi di daerah tebing yang tersebar di ketiga kawasan tersebut. Menurut Badan Meteorologi Jepang, salah satu kawasan yang mendapatkan terjangan hujan terparah ada di Kochi dengan curah hujan yang mencapai 26,3 cm, terbesar sejak tahun 1976.

3 – Bencana ini memakan banyak korban jiwa. 86 orang diketahui meninggal dan 50 orang lebih dinyatakan hilang.

Bencana ini memakan banyak korban jiwa. 86 orang diketahui meninggal dan 50 orang lebih dinyatakan hilang.

(Gambar via Getty Images/The Asahi Shimbun)
Dilansir dari beberapa media Jepang, total korban meninggal udah mencapai 88 orang sedangkan 58 orang diketahui hilang. Kebanyakan korban meninggal diakibatkan tertimbun tanah longsor dan beberapa akibat terjebak didalam mobil yang terseret banjir bandang. Serem banget ya

4 – Pusat kota di Hirsohima pun terendam bikin semua kegiatan ekonomi di sana lumpuh total.

Pusat kota di Hirsohima pun terendam bikin semua kegiatan ekonomi di sana lumpuh total.

(Gambar via Japantimes/KYODO)
Jalan protokol kota Saka terendam banjir yang cukup tinggi yang diketahui mencapai 30 cm. Hal ini membuat semua kegiatan ekonomi disana lumpuh total.

5 – Longsor menjadi sebab kota-kota di kawasan Jepang terisolasi.

Longsor menjadi sebab kota-kota di kawasan Jepang terisolasi.

(Gambar via Japantimes/KYODO)
Banyaknya longsoran yang terjadi membuat akses jalan di kawasan Jepang terutama Hiroshima, Fukuoka, dan Yamaguchi tidak bisa  dilewati. Longsoran tersebut menutup seluruh jalan dan menjadikan seluruh kota terisolasi.

6 – Jalur kereta pun tidak luput dari terjangan tanah longsor dan banjir bandang.

angin topan jepang

(Gambar via Japantimes/KYODO)
Tidak hanya akses jalan raya, akses kereta api yang menuju kawasan di Hiroshima pun tertutup karena sebagian besar rel kereta tertimbun tanah longsor

7 – Proses penyelamatan warga di Jepang pun dilakukan dengan cepat salah satunya menggunakan helikopter untuk bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit.

Proses penyelamatan warga di Jepang pun dilakukan dengan cepat salah satunya menggunakan helikopter untuk bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit.

(Gambar via Japantimes/KYODO)
Proses evakuasi warga di sekitar kawasan Hiroshima ini diperlukan bantuan helikopter karena susahnya medan yang harus dilalui oleh tim penyelamat

8 – Selain tim penyelamat bencana, tentara Jepang juga turun langsung untuk menyisir korban jiwa yang masih terjebak di kota Saka.

Selain tim penyelamat bencana, tentara Jepang juga turun langsung untuk menyisir korban jiwa yang masih terjebak di kota Saka.

(Gambar via Japantimes/KYODO)
Ketinggian banjir yang mencapai 2 meter membuat seluruh kota Saka terendam. Hal in membuat pasukan penyelamat dan juga tentara Jepang menggunakan kapal untuk menyisir seluruh kota.

9 – Prioritas utama tim penyelamat adalah menyisir rumah-rumah penduduk untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa yang lebih banyak.

Prioritas utama tim penyelamat adalah menyisir rumah-rumah penduduk untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa yang lebih banyak.

(Gambar via Japantimes/KYODO)
Tim penyelamat bencana di Jepang berjuang sangat keras untuk bisa menyelamatkan para korban bencana yang jumlahnya mencapai jutaan. Kapal-kapal sekoci kecilpun langsung dikirim untuk melakukan penyelamatan.

10 – Hampir 2 juta warga Jepang di evakuasi pasca bencana alam ini.

Hampir 2 juta warga Jepang di evakuasi pasca bencana alam ini.

(Gambar via Japantimes/KYODO)
2 juta orang dipastikan dievakuasi dari kawasan Hiroshima dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan resiko banjir bandang susulan yang bisa datang kapan saja. Selain itu, cuaca ekstrim yang masih terjadi, membuat pihak pemerintah Jepang memilih merelokasi warganya untuk sementara waktu.

Cuaca ekstrim akhir-akhir ini emang jadi pertanda bahwa seleksi alam sedang berlangsung sih. Dan enggak banyak yang bisa kita lakukin selain berdoa dan berharap agar tidak semakin banyak korban jiwa di bencana ini.

Comments