Mungkin Banyak dari akiba-chan dan akiba-kei yang sulit membedakan ciri-ciri mana orang Jepang, mana orang Korea dan juga mana orang China. Di artikel kali ini mimin akan menjelaskan perbedaan tersebut. Dilansir dari Japan (dot) Com berikut adalah cara membedakan orang jepang dengan korea atapun china:

Asal – Usul Orang Jepang, Korea, dan China

Asal-usul ketiga kebangsaan ini sangat berbeda. Kalian harus ingat meskipun mungkin ketiganya terlihat dan memiliki beberapa ciri yang sama. Tapi sebenarnya semuanya sangat berbeda satu sama lain.

Mungkin akan terasa mudah bila membandingkan keturunan Eropa yang kebanyakan berambut pirang dan kulit pucat. Sedangkan orang-orang dari ras kita misalnya cenderung lebih gelap dan berambut cokelat. Nah gimana dengan jepang, korea dan china?

Baca Juga: Youtubers Korea-Jawa Ini Bedakan Sumpit Cina, Jepang dan Korea

Pertama, Keturunan Jepang sudah tercampur aduk di jaman sekarang. Tapi konon katanya keturunan Jepang sebagian besar berasal dari Asia Tenggara dan Indonesia. Dalam sejarah,di era Sakoku, orang luar tidak diizinkan untuk tinggal di Jepang. Oleh karena itu mereka tidak memiliki banyak imigran sehingga hanya sedikit pengaruh genetik luar yang masuk ke Negara Jepang.

China adalah negara besar dengan banyak minoritas yang berbeda. Pastinya genetika orang China pun banyak yang berbeda. China juga terdiri dari minoritas yang memiliki pengaruh dari Mongolia, Timur Tengah, dan Rusia. Karena itu, penampilan orang China juga bervariasi tergantung dimana daerah China yang mereka di tempati.

Sedangkan untuk orang Korea, menurut sejarah asal-usulnya berasal dari China Selatan dan Taiwan. Namun, karena banyak faktor bahasa dan budaya merekapun memiliki banyak perbedaan.

 

Persamaan

Orang Korea

1 – Warna Kulit

Orang Jepang, Korea, dan China umumnya memiliki warna kulit yang sama. Namun juga bisa berbeda sesuai dengan faktor masing-masing daerah. Misalnya, orang-orang dari utara Jepang seperti Aomori dan Hokkaido yang kedinginan cenderung pucat, tapi di daerah selatan seperti Kyushu dan Okinawa yang memiliki cuaca panas, orang bisa menjadi jauh lebih gelap. Daerah yang berbeda di China juga memiliki warna kulit yang bervariasi, sama seperti orang-orang di benua lain.

Menurut penelitian, kulit mereka lebih tahan terhadap penuaan dibanding beberapa jenis kulit lainnya. Namun, jenis kulit ini juga bisa sangat sensitif terhadap lingkungan, terutama bahan kimia dan produk kulit yang kuat. Untuk itulah, mengiklankan produk kecantikan dan perawatan kulit merupakan bisnis besar di negara-negara Asia. Orang Jepang, Korea, dan China cenderung lebih berhati-hati dengan produk dan perawatan yang mereka gunakan pada kulit mereka.

2 – Bentuk Tubuh

Bisa dibilang bentuk tubuh itu bisa di lihat dari keturunan, diet, dan gaya hidup. Namun, jika diamati orang-orang dari Korea, China, dan Jepang pada umumnya cenderung memiliki perawakan pendek dan ramping yang serupa dibandingkan orang-orang dari belahan dunia lain. Meksipun sekarang ini mereka sudah lebih tinggi karena pengaruh gen campuran.

 

 

Perbedaan

1 – Fitur Wajah

Mirip tapi tak serupa. Wajah orang jepang umumnya lebih panjang dan lebar, sementara wajah Korea memiliki rahang yang lebih menonjol dan tulang pipi yang lebih tinggi. Wajah orang China bervariasi, tapi orang China-Han dikatakan memiliki wajah yang lebih bulat.

Sedangkan mata orang Jepang sering digambarkan lebih besar dan miring ke bawah, berlawanan dengan mata orang China yang biasanya miring ke atas. Orang Korea sering memiliki mata yang lebih kecil. Tapi ini tidak semua benar, faktor Gen bisa membuat perubahan.

2 – Gaya Berpakaian

Orang Jepang menghargai harmoni dan keseragaman, maka ketika mereka berdandan, mereka bertujuan untuk berbaur dengan mayoritas. Warna polos, sederhana dan halus adalah kunci pakaian khas Jepang. Tidak ada yang menonjol terlalu banyak dalam gaya pakaian orang jepang. Memakai jas sangat umum di Jepang. Entah itu untuk presentasi akhir di sekolah, pekerjaan magang, wawancara kerja, atau wisuda, pria Jepang biasanya memakai jas. Mereka juga cenderung mengenakan kemeja putih dan ikatan hitam.

Orang Korea mengenakan pakaian yang cerah dan lebih berwarna. Tidak Seperti di Jepang, mereka dapat mengenakan gaun warna-warni yang bagus saat mereka magang dan Saat Melakukan wawancara kerja, busana mode Korea mengikuti tren, sementara pakaian fashion Jepang lebih menekankan sentuhan pribadi masing-masing .

Sedangkan untuk orang Cina, ini cenderung sangat beragam, menggabungkan pengaruh dari busana gaya Jepang, busana gaya barat, dan tren Asia Tenggara. Anak mudanya cenderung mengikuti gaya anak muda di jepang.

Nah, gimana teman-teman? Mimin sudah merangkum perbedaan dan persamaan 3 negara diatas. Semoga akiba-chan dan akiba-kei setelah ini bisa bedain mereka hanya dengan sekilas liat aja ya. 😀

Comments

Loading...