Kita sudah melihat berbagai projek film animasi kerjasama antara Jepang dan negara lain. Contohnya anime Xuan Yuan Sword bersama Taiwan, Woodcutter’s Treasure bersama Arab, dan anime Indigo Ignited bersama Amerika. Kali ini ada lagi kabar kerjasama seperti itu, yang melibatkan sampai tiga negara besar, yaitu negara Jepang, China, dan Amerika, dalam membuat sebuah projek animasi CG film Monkey Prince.

Dan tak hanya negaranya yang banyak, nama-nama yang dilibatkan juga tak hanya banyak tapi besar. Pengumuman projek ini dilakukan di Tokyo kemarin, mengatakan kalau Sammy, Sola Entertainment, Marza Animation Planet, dan Toei Animation membuat projek ini dengan kerjasama Bona Film Group dari China.

Judul film dan visual yang ditampilkan dari projek ini kemungkinan besar sudah bisa membuat mina-san menebak apa kisah filmnya. Yaitu berdasarkan salah satu karya sastra klasik terbesar dalam sejarah China, Journey to the West.

Kisah tersebut sudah sangat terkenal dan telah menerima beragam adaptasi dalam bentuk seri TV dan movie di China, dan karakter-karakternya juga sudah banyak muncul dalam dunia animanga dan game Jepang seperti pada Son Goku Dragon Ball, Musou Orochi, FGO, dan banyak lagi.

Projek besar dengan focus global ini bertujuan untuk menggabungkan kekuatan konten dari Jepang bersama dengan kekuatan pasaran dan teknologi dari China. Dan melibatkan beberapa nama veteran dalam dunia animasi dari Amerika.

Oshima Naoto sang game desainer dari seri game landak biru Sonic the Hedgehog yang menangani cerita dan original character design. Kemudian ada David Stem dan David N. Weiss yang terlibat dalam film Shrek 2 yang menuliskan naskahnya, dengan sutradara Jimmy Neutron dan Ant Bully, David A. Davis, yang menyutradai film ini.

Animasi film ini ditangani studio Tenh Animation Magic, studio yang didirikan tahun 2017 lalu berdasarkan investasi gabungan yang dilakukan oleh Toei Animation, Sammy, Sola Digital Arts, dan Galaxy Graphics. Dengan kumpulan nama-nama sebesar itu, jadi agak penasaran nih akan jadi apa nantinya hasil film Monkey Prince ini ya..

Comments