Sudah ada banyak stage play yang diadakan di Jepang, dan banyak yang merupakan adaptasi seri-seri animanga ataupun game. Touken Ranbu mungkin yang sudah lumayan banyak melakukannya, sampai saat ada live-action movie seri itu mereka memakai aktor stage play tersebut. Selain itu ada juga seri lain seperti Madoka Magica dan Fate/Grand Order. Dan baru-baru ini diumumkan juga akan ada stage play… Tom and Jerry.

Ya, mungkin disini banyak yang tahu nama tersebut. Cartoon komedi buatan Hannah Barbera tersebut dulu memang suka ditayangkan di TV Indonesia, cartoon klasik mengenai kejar-kejaran koplak nan kreatif antara Tom si kucing dan Jerry si tikus. Salah satu seri cartoon yang paling terkenal, dan saat ini masih dikenang penonton cartoon generasi lama, dan itu termasuk di Jepang.

Sesuatu yang agak mengejutkan mungkin, tapi komedi dari Tom and Jerry yang tak terlalu memerlukan translasi karena humornya berbentuk fisik membuat seri itu mudah masuk ke Jepang. Sampai jadi satu-satunya cartoon barat yang masuk list Top 100 Anime TV Asahi.

Dan mengikuti hal tersebut, tahun ini Jepang meriah merayakan seri tersebut, karena ternyata seri Tom and Jerry telah menginjak umur 80 tahun! Dan dilakukan hal-hal seru seperti eksebisi Tom and Jerry pertama di dunia, yang dibuka dari pertengahan April sampai awal Mei di Tokyo.

Dan kini diumumkan kalau akan diadakan Stage Play Tom and Jerry yang diberi judul Yume Yo Mou Ichido yang dimulai dari bulan Agustus di Nagoya, kemudian bulan September di Tokyo, dan terakhir pada bulan Oktober di Osaka.

Stage play itu disutradai oleh Nozoe Seiji dengan musik yang disusun Matsutoya Yumi dan naskah yang ditulis Motoiki Shigeki. Mengisahkan situasi yang agak jarang tapi kadang juga bisa terjadi, dengan Jerry yang justru membantu Tom, dalam berusaha menarik perhatian kucing bernama Toodles yang disukainya.

Uniknya Tom dan Jerry dimainkan beberapa aktor. Dengan Endo Shozo dari grup komedian CocoRico dan Takewara Tomohiro dari grup komedian Buffalo Goro bergantian memerankan Tom. Dan Matsumoto Kouta, Yamamoto Ryouta, Matsuzaki Yuusuke dari agensi Johnnys bergantian memerankan Jerry.

Jerry