Halo akiba-chan dan akiba-kei. Jumpa lagi dengan mimin untuk sesi artikel bahasa jepang yang unik. Lanjut dai sesi beberapa bulan lalu, mimin pernah membagikan tentang jenis potongan dalam bahasa jepang. Dalam part pertama kan mimin udah kasih 10 jenisnya tuh. Maka di part kedua ini mimin akan bahas sepuluh plus bonus satu jenis!

Kok banyak sih? iya dong, jepang kan emang tergolong telaten banget kalau masalah penggolongan nama. Makanya, biar kalian hafal dan nggak salah saat membaca resep jepang, yuk hafalin jenis potongan ini satu per satu:

11 – Usugiri (薄切り)

 

Disebut juga jenis potongan tipis. Seasuai namanya kalian harus memotong bahan masakan dengan hati-hati sehingga menghasilkan potongan yang tipis. Biasanya digunakan dalam memotong daging, mentimun, jahe, bawang putih dan terong. Hasil potongannya tipis dan renyah ketika dimakan.

 

12 – Nanamegiri (斜め切り)

 

Nanamegiri merupakan jenis potongan diagonal. Di Jepang, hanya digunakan untuk memotong bahan masakan berupa daun bawang. Yaa… bisa sih sebenernya untuk memotong yang lain tapi kayaknya kurang pas aja gitu. 😀

 

13 – Naname Usugiri (斜め薄切り)

 

Ngebaca namanya pasti akiba-chan dan akiba-kei sudah bisa nebak. Ini adalah jenis potongan kobinasi dari nomr 11 dan 12. Memotong dengan cara diagonal namun lebih tipis dan crisp. Cocok untuk diaplikasikan pada negi (daun bawang) dan seledri.

 

14 – Wagiri (輪切り)

Ialah potongan bulat. Sebenarnya ini nama jenis potongan yang menggantungkan nama dari bentuk bahan yang dipotong. Misalnya wortel, daikon, jeruk, apel dll. Semuanya bulat kan? Jadi biasanya dipotong apa adanya sesuai bentuk aslinya. Ketebalan menyesuaikan dengan resep amsakan.

 

15 – Rangiri (乱切り)

Jenis potongan berikutnya adalah potongan random. Yak, semua bahan bisa dipotong dengan gaya ini. Random aja bentuknya, nggak beraturan sesuai selera. 😀

 

16 – Koguchigiri (小口切り)

Jenis yang hampir sama dengan wagiri. Yaitu potongan bulat. Bedanya Koguchigiri menghasilkan potongan yang lebih kecil dan tipis.

 

17 – Kushigatagiri (くし形切り)

Kushigatagiri merupakan jenis potongan yang menyerupai sisir. Biasanya digunakan untuk bahan masakan bulat seperti kubis, bawang bombay dan tomat. Cara memotongnya yaitu dibelah menjadi dua lalu diiris lagi menjadi beberapa bagian sama besar. Seperti potongan potato wedges.

 

18 – Mijingiri (みじん切り)

Ini adalah jenis potongan halus. Ehm… bukan, maksud mimin bukan memotong dengan lemah lembut 😀 tapi lebih ke hasilnya yang sangat kecil. Kalau akiba-chan dan akiba-kei mau masak pakai bawang putih misalnya selain dihaluskan dengan cara diulek, pasti sering juga mempraktekkan potongan ini.

 

19 – Hangetsugiri (半月切り)

Secara harfiah berarti potongan bulan separo. Mirip sama kushigatagiri, namun nggak sampai dipotong kecil-kecil. Melainkan bahan hanya dipotong menjadi dua bagian lalu diiris tipis-tipis.

 

20-  Ichogiri (いちょう切り)

 

Lanjutan dari hangetsugiri. Mudahnya, bahan dipotong menjadi empat bagian sama besar lalu diiris tipis-tipis atau sesuai kebutuhan.

 

Bonus:

Hyoshigiri (拍子 木切り)

Disebut juga jenis potongan “long stick”. Potongan ini mirip dengan potongan korek api (sainomegiri). Namun memiliki ketebalan yang lebih gendut. 😀 dan tentunya juga lebih panjang. Hanya untuk memotong bahan berupa wortel dan daikon.