Halo akiba-chan dan akiba-kei. Jedanya cukup lama juga ya ternyata mimin nggak update tentang bahasa jepang. Okedeh karena mimin punya ide masih anget-angetnya, segera deh ya diinfokan kepada kalian biar bisa jadi tambahan pembelajaran. Kali ini mimin akan membahas tentang jenis potongan dalam bahasa jepang tuh apa aja sih?

Baca Juga: 5 Kalimat Simple yg Bikin Cowok Jepang Patah Hati, Jangan Diucapin Ya!

Mimin ingin membahas jenis potongan dalam bahasa jepang ini karena kebanyakan jarang diketahui orang awam. Kalau disini mungkin kita cuman mengenal kata “memotong/irisan” yang bisa digunakan untuk apa saja. Tapi berbeda dengan Jepang, ternyata mereka punya banyak jenis yang lumayan bikin kepala pusing juga kalo gak hafal. 😀

Apa saja jenis potongan dalam bahasa jepang itu? Yuk cermati part pertama jenisnya dibawah ini:

 

1. Sainomegiri (さいの目切り)

Ini adalah jenis potongan dalam bahasa jepang yang merujuk kepada potongan dadu. Biasanya potongan ini digunakan untuk bahan masakan seperti daikon, wortel dan kyuri (timun jepang). Tebal potongannya sekitar 1 cm dan baik untuk olahan salad dan sup karena hasil potongan tidak terlalu tebal maupun tipis.

 

2. Hosogiri (細切り)

Jenis potongan ini mengarah pada hasil yang ramping dan panjang. Seperti korek api. Hosogiri cocok untuk memotong kyuri, gobo, kentang, negi dan paprika. Hasil potongannya berkisar antara 4-5 cm x 0,3 cm.

 

3. Sengiri (千切り)

Sengiri adalah jenis potongan dalam bahasa jepang yang menjulur panjang. Panjangnya bahan hasil potongan yaitu sekitar 6-7 cm x 0,1 cm. Contoh bahan yang bisa dipotong menggunakan teknik ini adalah kubis, jahe, daikon dan wortel.

 

4. Zakugiri (ザク切り)

Disebut juga dengan potongan tidak beraturan. Karena emang tentuknya suka-suka. Yaa… asal potong aja gitu sih. Hasilnya besar besar, yaitu antara 3-4 cm. Potongan ini habus diterapkan untuk bahan masakan tumis dan sup. Misalnya sayuran hijau, tomat, kucai dan kubis.

 

5. Butsugiri (ぶつ切り)

Jenis potongan yang biasanya digunakan untuk bahan masakan panjang seperti daun bawang (negi) dan seledri. Panjang potongan biasanya berkisar 3 cm.

 

6. Tanzakugiri (短冊切り)

Ialah potongan strip persegi panjang. Sesuai namanya, hasil ini akan membuat bahan makan masakan kita terpotong persegi panjang namun tidak setipis Hosogiri. Biasanya diterapkan untuk memotong daikon.

 

7. Sasagaki (ささがき)

Jenis potongan dalam bahasa jepang yang hasil jadinya berbentuk seperti hasil asahan. Tipis, dan nggak begitu panjang. Bisa digunakan untuk memotong gobo dan rebung.

 

8. Sogigiri (そぎ切り)

Potongan yang miring diagonal. Biasanya, kalau akiba-chan dan akiba-kei lihat acara masak memasak tv show jepang akan melihat potongan ini digunakan pada jamur dan kubis panjang (nappa/chinese cabbage). Jenis potongan ini dapat membantu bahan agar cepat matang saat dimasak.

 

9. Hana Renkon (花レンコン)

Seperti namanya yang berarti “bunga lotus”, jenis potongan ini khusus untuk membentuk bahan makanan berupa akar teratai menjadi bentuk bunga. Caranya potong akar cukup pendek agar mudah dipegang lalu iris berbentuk  “V” diantara lubangya.

 

10. Kazarikiri (飾り切り)

Jenis potongan dalam bahasa jepang ini mewakili potongan beragam yang menekankan keindahan. Misalnya untuk jamur shiitake, wortel dan akar teratai. Biasanya bahan ini dibentuk dengan berbagai macam bentuk seperti bunga dan bintang untuk dekorasi. Nah potongan berbagai bentuk indah inilah yang dinamakan Kazarikiri.