Jenis-Jenis “Sushi”! Jenis Sushi Apa Favoritmu??

chirashizushi
chirashizushi

Negeri sakura terkenal dengan makanannya yang beragam. Salah satunya adalah sushi. Siapa sih yang gak tau sushi??? Sushi adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi yang dibumbui campuran cuka, garam dan gula. Kemudian dibentuk sedemikian rupa dan diatasnya diberi neta (lauk) yang berupa sayuran, makanan laut, serta telur. Akiba-chan dan Akiba-kun pernah nyobain makanan yang satu ini?? Nggak susah nyari makanan yang satu ini, di restoran maupun kedai sushi yang ada di festival jejepangan pun gak ketinggalan menjadi pilihan makanan yang populer.  Tapi tau nggak sushi dibagi dalam beberapa jenis. Jenis-jenis sushi tergantung pada bentuk dan neta yang digunakan lho. Nah berikut jenis-jenis sushi! itadakimaaaaaasu~ ^_^

1. Chirashizushi

chirashizushi
chirashizushi

Chirazushi adalah jenis sushi yang berisi jamur, makanan laut, dan sayuran yang menutupi nasi. Sushi ini biasa dihidangkan pada donburi (mangkuk). Penyajiannya hampir sama dengan oyako donburi tetapi chirazushi menggunakan beras yang sudah dicampur bumbu, sedangkan oyako donburi tidak dicampuri bumbu.

2. Nigiri

nigirizushi
nigirizushi

Salah satu jenis sushi yang sering dijumpai. Sushi ini terdiri dari nasi yang dibentuk dan neta yang berupa tuna, udang, cumi-cumi, belut, gurita ataupun telur  yang kemudian diletakkan diatas nasinya. Pada saat menikmati sushi ini biasanya  ditambahkan soyu (kecap asin Jepang) ataupun wasabi (sambal Jepang).

3. Oshizushi

oshizushi
oshizushi
oshizushi 2
oshizushi 2

Yaitu sushi yang dibentuk persegi dengan menggunakan cetakan kayu yang disebut dengan oshibako agar nasi tersebut menjadi padat dan mudah dipotong-potong. Seperti jenis sushi lainnya neta (lauk sushi) yang berupa makanan laut berada di atas nasinya. Oshizushi ini ada juga lho yang dibungkus dengan daun bambu lalu dipres dalam beberapa waktu.

oshibako
oshibako

4. Gunkan

gunkan sushi
gunkan sushi

Gunkan adalah jenis sushi yang diletakkan pada nori yang dibentuk seperti mangkuk. Biasanya berisi telur ikan ataupun makanan laut. Gunkan sendiri memiliki arti “kapal perang”. Diberi nama gunkan zushi karena bentuk norinya mirip dengan kapal. ^^

5. Temaki Zushi

temaki sushi
temaki sushi

Merupakan sushi yang bentuknya kerucut. Bagian luarnya adalah nori (rumput laut) bagian dalamnya berisi nasi, sayuran dan neta yang berupa makanan laut atau telur ikan. Temaki dari kanji “手巻き” yang memiliki arti “digulung dengan tangan” namun memiliki arti lain yaitu “sushi yang digulung menyerupai bentuk kerucut”. Jika diamati, seperti makanan barat crepes yah..

6. Uramaki

uramaki
uramaki

Uramaki adalah jenis sushi inovasi dari Amerika dimana letak nori-nya berada didalam dan sebaliknya nasilah yang berfungsi sebagai pembungkus luarnya. Sedangkan neta dan sayurnya terletak di dalam gulungan, diluar gulungan (menempel di nasi) maupun kombinasi keduanya.

7. Norimaki

norimaki
norimaki
norimaki 2
norimaki 2

Norimaki Merupakan jenis sushi yang terdiri dari nasi, neta yang berupa makanan laut, telur, dan sayuran kemudian digulung. Untuk bagian luarnya terdapat rumput laut/nori sebagai alasnya. Sushi jenis ini paling disukai anak-anak karena bentuknya yang menarik.

8. Inarizushi

inarizushi
inarizushi

Inarizushi adalah sushi yang bentuknya unik dari jenis sushi lainnya. Nasi dimasukkan ke dalam aburage (tahu goreng) yang sebelumnya dimasak bersama soyu dan gula. Sushi ini berasal dari kuil Toyokawa Inari di kota Toyokawa, Prefektur Aichi