Akiba-kei dan Akiba-chan tahu anime yang berjudul Gugure! Kokkuri-san gak?? Dalam anime yang baru dirilis Oktober 2014 itu, si tokoh utama yang bernama Ichimatsu Kohina memainkan permainan ala jepangkung jepang. Cerita dalam anime itu sih lucu dan kawaii. Tapi tahu gak Akiba-kei dan Akiba-chan, seperti apa permainan yang disebut dengan permainan jelangkung jepang itu?? Berikut penjelasannya.

Kokkuri-san

Jepang terkenal memiliki legenda urban yang menyeramkan, salah satunya adalah permainan pemanggil arwah yang disebut Kokkuri-san. Permainan ini hampir sama dengan permainan jelangkung dari Indonesia, perbedaannya jelangkung membutuhkan boneka yang dibentuk dari batok kelapa dan kertas bertuliskan huruf-huruf, sedangkan permainan jepang ini membutuhkan kertas yang bertuliskan huruf-huruf hiragana dan sebuah koin.

Kokkuri-san

Cara permainan ini adalah dengan meletakkan telunjuk masing-masing peserta pada koin yang berada di atas kertas. Setelah itu mantra pemanggil Kokkuri-san dibacakan, mantranya adalah “Kokkuri-san, Kokkuri-san, oide kudasai (Kokkuri-san, Kokkuri-san, datanglah)”.

Jika koin bergerak maka hal itu menandakan bahwa ada arwah yang datang. Peserta permainan bebas bertanya apa saja selama permainan. Beberapa cerita menyebutkan bahwa sang hantu dalam game ini hanya memberitahu para peserta mengenai tanggal kematian mereka. Jika ingin mengakhiri permainan ini, para peserta tidak boleh lupa mengucapkan selamat tinggal pada mereka atau jika tidak mereka akan dihantui terus-menerus.

Cara lain agar selamat dari gangguan arwah saar bermain ini adalah peralatan permainan tersebut harus dibuang dalam waktu tertentu. Seperti membelanjakan uang yang dipakai atau menggunakan pena yang digunakan untuk menulis hiragana. Kegagalan pada saat melakukannya akan mengakibatkan kemalangan atau kematian bagi para pemain.

Wah, ternyata serem juga ya jelangkung ala jepang yang satu ini. Awalnya mimin pikir nggak akan jadi seserem permainan hantu-hantuan di Indonesia. Secara setannya jepang di dalam film juga gitu-gitu doang bentuknya. Tapi ternyata akibat dari permainannya lumayan bikin bulu kuduk merinding juga.

Nah kalau sudah tahu begini akiba-chan dan akiba-kei jangan coba-coba iseng main ya! Apalagi sampai bawa-bawa temen nihonjin buat jadi perantara. Hahaha. Bisa berabe…. :”D

Comments

Loading...

3 COMMENTS

Comments are closed.