Turisme Jepang adalah bidang yang lumayan sering diberitakan dalam Akibanation. Tak hanya karena memang banyak lokasi yang keren-keren, tapi juga karena cara mempromosikan lokasi wisata tersebut biasa dilakukan dengan cara yang kreatif oleh Jepang. Cara yang lumayan banyak dilakukan adalah memakai anime, tapi selain itu bisa dilakukan cara unik lain lagi. Contohnya, menjelajahi Prefektur Akita dari “mata” Akita inu.

Projek ini diberi nama Dog View, yang berasal dari teknologi Street View dalam Google Map. Itu karena memang yang membuat ide ini adalah Google Japan, untuk mempromosikan turisme dari kota Odate di Prefektur Akita.

Sesuai dengan namanya, dalam tampilan Dog View, akan terlihat kalau kameranya memang terpasang pada anjing tersebut, yang terletak di bagian leher belakang, memperlihatkan bagian kepala anjing Akita inu yang terlihat empuk dan fluffy.

Dan karena namanya tour, diperlihatkan berbagai lokasi yang dijelajahi anjing tersebut. Ada lokasi yang berada di alam liar seperti Kuil Roken, yang sedikit trivia, nama RoKen berarti Anjing Tua. Dan juga daerah-daerah bersalju, yang kemungkinan bakal sulit dijelajahi jika memakai kendaraan Street View biasa. Tapi tak hanya alam liar yang diperlihatkan.

Selain itu, ada lokasi-lokasi unik lain, seperti pemandian air panas terbuka untuk merendamkan kaki. Cocok dilakukan didaerah bersalju seperti Odate. Dan diperlihatkan lokasi bernama Akita Inu Museum, museum yang didirikan oleh Yayasan Perawatan Akita inu. Dan Akita Inu Fureaidokoro, tempat tinggalnya ambasador kota Odate, anjing Akita inu bernama Ako dan Asuka.

Seperti yang terlihat, lumayan banyak lokasi-lokasi di kota Odate yang memiliki hubungan erat dengan anjing Akita. Kenapa begitu? Itu karena kota Odate memang sangat terkenal akan jenis anjing Akita. Karena sesuai namanya, dipercaya kalau anjing jenis Akita inu berasal dari kota di prefektur Akita ini.

Mina-san mungkin akan tahu anjing jenis ini dari kisah penggerak kokoro berjudul Hachiko, dimana Hachiko tak hanya anjing jenis Akita inu, tapi juga memang dikatakan kalau ia lahir di kota Odate. Dan itu terlihat dengan dibangun juga patung Hachiko di kota itu.

Cangad Cangaad Kyawaiii~~ deh, dan benar-benar menghangatkan hati 😀
Apakah mina-san jadi ingin berkunjung kesitu?