Japanese Mythology : Legend of Izanagi and Izanami

mungkin salah satu dari kalian suka sekali dengan kisah-kisah tentang mythologi.. 😀 jika bicara tentang mythology tentu yang menjadi perhatian pertama pasti Yunani atau Roma kan?? pemikiran itu memang gak salah karena mereka emang terkenal dengan mytologi nya. tapi, kamu yang suka Jepang dan juga pecinta tentang cerita mytologi, tak usah kuatir, karena Jepang juga punya cerita Mytologi loooh.. mau tahu? simak kisah yang pertama ini. 😀

Izanagi dan Izanami merupakan dua dewa yang dalam Mythologi Jepang disebut sebagai “dia (laki-laki) yang mengundang”dan “dia (perempuan) yang mengundang”. Memiliki nama lengkap Izanagi no Mikoto dan Izanami no Mikoto. Merupakan dewa utama (kami) dalam mythologi Jepang. Mereka lah yang menciptakan Jepang dan yang menciptakan dewa-dewa.

Mereka merupakan delapan pasangan dari kakak beradik tuhan yang muncul setelah langit dan bumi dan dipisahkan dari kekacauan. Dengan berdiri di jembatan apung surga dan mengaduk laut purba dengan tombak permata surga, mereka menciptakan daratan pertama.

izana1

izana5

Mereka kemudian memutuskan untuk bersatu, yang sering diartikan dengan pernikahan, namun hasil dari hubungan pertama mereka menghasilkan seorang anak yang cacat, Hiruko (“Leech Child” yang kemudian terkenal dalam mitologi Shinto sebagai Ebisu) mereka kemudian menghanyutkannya di sebuah perahu.

Para dewa lain mengkaitkan kesalahan itu dengan kesalahan dalam ritual ada pada bagian dimana Izanami yang merupakan seorang wanita seharusnya tidak boleh untuk berbicara dahulu, mereka kemudian memulai kembali ritual pernikahan mereka yang  menghasilkan banyak pulau dan juga para dewa.

Saat melahirkan dewa api, Kagutsuchi (Homusubi), Izanami terbakar sangat parah hingga meninggal dan pergi ke Yomi, yang merupakan tanah kegelapan. Dengan dilanda duka yang mendalam atas kehilangan istrinya, izanagi pergi ke yomi dengan niat untuk membawa kembali istrinya yang sudah tiada.

Izanami menyapa suaminya dari bayangan saat ia melewati gerbang yomi. dia menyuruh Izanagi untuk tidak sekalipun melihat dirinya, dan ia juga berusaha untuk melepaskan dirinya dari dewa kegelapan dan keluar dari tempat kegelapan ini.

dipenuhi dengan nafsu untuk melihat wajah istrinya, Izanagi pun tak dapat menahan godaan dan menyalakan api kemudian melihat Izanami dalam kegelapan.

Izanagi terkejut karena wajah Izanami yang dilihatnya telah berupa menjadi mayat busuk, Izanagi kemudian pergi dari yomi.

Marah karena keinginannya tidak dipenuhi oleh Izanagi, Izanami mengirim hantu wanita menyeramkan, delapan dewa petir dan sekelompok pasukan dari prajurit yang ganas untuk mengejarnya.

namun dengan kekuatannya  Izanagi berhasil lolos. Saat Izanagi hampir keluar dari Yomi, Izanami kemudian berusaha untuk meraih tangan Izanagi.  namun Izanagi,  kemudian menutup jalan antara dunia kegelapan dan dunia kehidupan dengan sebuah batu besar. Itulah yang kemudian menyegel Izanami dan mereka pun berpisah.

Izanagi kemudian mandi di laut untuk menyucikan dirinya kembali setelah melakukan kontak dengan kematian. Saat dia mandi dan membasuh wajahnya, beberapa dewa-dewa lahir.

Dewa matahari Amaterasu lahir dari basuhan  mata kirinya, Dewa bulan Tsukiyomi lahir dari mata kanannya, dan Dewa laut dan petir Susanoo lahir dari hidungnya. Dalam agama Shinto, mandinya Izanagi merupakan awal dari ritual harai, yang merupakan ritual penyucian dalam kepercayaan Shinto.Bangga dengan ketiga anaknya, Izanagi kemudian membagi kerajaan nya untuk mereka.

izana4izana3

Kisah dari Izanagi dan Izanami terdapat dalam dua buah buku yaitu Kojiki (Records of Ancient Matters) dan the Nihongi (Chronicles of Japan).

meskipun anime dan manga Jepang sering mengangkat cerita atau karakter dari mythologi, namun kisah Izanagi dan Izanami jarang terlihat dalam beberapa anime maupun manga.

hanya dalam anime dan manga “NARUTO” karya Masashi Kishimoto, terdapat sedikit tentang Izanagi dan Izanami yang dalam kisah tersebut merupakan teknik jurus mata dari klan Uchiha.

 

  • Frans Yuwono

    keren banget ceritanya