Hei kalian pembaca setia Akibanation. Gimana kabar? Ketemu lagi ni dalam artikel yang menarik bagi para pecinta mitos jepang. Setelah saya lama vakum ternyata sudah banyak sekali artikel – artikel di Akibanation yang mengupas mitos mitos menarik dari negeri matahari terbit. Terakhir sempat melihat artikel yang membahas kisah asli Konohana Sakuya Hime yang ternyata tidak seindah cerita dalam anime-anime atau dongeng sebelum tidur. Karena itulah kali ini saya tertarik untuk mengangkat cerita tentang suadari kandung Konohana Sakuya Hime yang bernama Iwanaga Hime. Tanpa perlu banyak bercakap-cakap kosong, mari kita langsung lihat kebenaran tentang dewi keabadian yang satu ini:

MENGENAI NAMA

IWANAGA HIME secara harfiah memiliki arti “dewi batu panjang” karena terbentuk dari tiga kanji 石 (Ishi = batu) 長 (Nagai = panjang) dan 姫 (Hime = putri/dewi). Sehubungan dengan nama nya itulah sehingga mungkin image warna yang muncul mewakili adalah warna-warna gelap dan kuat. “Akaku-chiba-iro” sebutan untuk sebuah warna tradisional jepang menjadi symbol warna resmi yang mewakili aura Iwanaga Hime. Berbalik dari warna Konohana Sakuya Hime yang identik dengan warna soft seperti pink sakura atau putih. Selain itu ia juga memiliki nama panggilan lain yaitu Iwa-Hime.

KELUARGA DAN ASAL USUL

Sesuai dengan cerita dalam buku Nihongi, Iwa Hime adalah putri dari Oyamatsumi sekaligus kakak dari Sakuya Hime dan Kanayama-hiko serta Kanayama-hime dalam Yamagami Family. Yamagami Family merupakan keluarga dewa yang bertugas menjaga keseimbangan pegunungan. Dalam mitologi jepang, Oyamatsumi sendiri merupakan kakak lelaki Amaterasu si dewa penguasa semua gunung dan pegunungan di seluruh wilayah jepang.

iwanaga hime (2)

 

SOSOK DAN PERJUANGAN HIDUP

Iwa Hime memiliki wajah dan fisik yang jauh berbeda dengan saudara nya Sakuya Hime. Ia dikenal sebagai dewi yang tinggi dempal dengan kulit sekeras batu, serta memiliki wajah yang bisa dibilang buruk rupa. Beberapa buku sejarah di jepang memiliki versi yang berbeda mengenai bagaimana Iwa Hime mendapatkan tubuh yang buruk rupa tersebut. Sebuah versi menyebutkan mulanya ia berwajah sama cantik dengan Sakuya Hime dan juga menikah dengan Ninigi (cucu Amaterasu) namun karena suatu hari ia mencuri suatu benda berharga dari suaminya kemudian memancing murka sang ayah karena merasa dipermalukan. Oyamatsumi lalu mengutuk Iwa Hime dalam tubuh batu serta mengutuk anak-anaknya kelak menjadi tidak panjang umur.

iwanaga hime (1)
Bunga Tasbih atau Canna yang melambangkan sosok Iwa Hime dalam berbagai mitologi dunia seperti jepang, china, yunani dll

Ada juga versi yang menyebutkan bahwa memang dari lahir Iwa Hime memiliki fisik yang berbeda dari saudara-sudaranya, fisik itu juga yang menjadi penyebab Ninigi menolak dia dan malah menikah dengan Sakuya Hime. Namun dibalik wajah dan kisah hidup yang melulu tidak menyenangkan tersebut sosok Iwa Hime merupakan sosok Dewi Keabadian/Umur Panjang. Bunga tasbih yang merupakan simbol keberadaan dewi ini juga kerap diyakini sebagai simbol keberanian dan ke-elegan-an. Hal ini diperkuat dengan kemunculan pada jaman Heian warna bunga tasbih menjadi warna favorit para samurai dan bangsawan terutama saat akan berperang.

PEMUNCULAN DALAM SERIAL FIKSI

Ada beberapa tokoh dalam serial fiksi terutama anime dan game yang menggunakan sosok Iwa Hime sebagai karakter populer. Diantaranya adalah seperti yang dapat kalian lihat pada list di bawah ini:

1 – Iwanaga Hime dalam Hoozuki No Reitetsu (鬼灯の冷徹)

iwanaga hime (3)

Muncul pada episode ke-sebelas. Pada saat kodama mengungsi ke neraka karena sangat tidak tahan dengan pertengkaran kedua kakak beradik dari Yamagami Familiy lalu membawa Hoozuki ke dalam sebuah perta panen tahunan. Dalam anime ini Iwanaga Hime digambarkan dengan sesosok wanita agak gendut bunder memakai kimono hijau tua ber-obi kuning dan cokelat kemerahan. Rambutnya hitam panjang di hiasi dengan pita berwarna putih. Untuk wajahnya, memang terlihat agak buruk rupa sih. tetapi bukan buruk yang bekas luka dimana-mana. Matanya lebar dengan bulu mata jarang, hidung besar, serta bibir tebal. Kesannya, tante garang sekali. Kelakuannya juga kasar meskipun sebenarnya ia memiliki hati yang lembut dan baik kepada semua makhluk.

2 – Iwanaga Hime dalam Cardfight!! Vanguard (カードファイト!! ヴァンガード)

BT10-005EN-RRR

Muncul dalam sosok dewi garang dengan kostum dominan biru putih. Dilihat dari penampakannya yang membawa damage kurang lebih sebesar 11000, bisa dipastikan ia disini menduduki posisi sebagai kartu level atas. Ya tapi rasanya image nya agak jauh dari wajah sang dewi sebenarnya.

3 – Iwanaga Hime dalam Doushite Sonna Kami (どうして、そんなに黒い髪が好きなの?)

iwanaga doushte

Serial visual novel berbau romance ini memiliki judul asli “Doushite, Sonna ni Kuroi Kami ga Suki na no?” dan terbit pada September 2014 yang lalu. Sepertinya belum banyak yang melihat sosok Iwanaga Hime dalam serial ini. Ia muncul dengan sosok gadis cantik berambut panjang lengkap dengan kimono tebal ala putri jepang jaman nan fuwa-fuwa. Ia juga membawa sifat sedikit ugal-ugalan, kebalikan dari Sakuya yang dalam visual novel tersebut memiliki twintail dengan sifat sangat pemalu dan lembut. Hmm… yang ini malah kayak bukan si dewi batu.

4 – Iwanaga Hime dalam Haruka Series (遙かなる時空の中で)

Iwanagahime-haruka4

Dalam game besutan Koei ini ia digambarkan pada sosok nenek tua berumur enam puluh lima tahun, dengan rambut pink – ungu dikepang tumpuk, memakai eyeliner merah, bermuka garang, bertindik serta mengenakan kimono lengan pendek ala ksatria jepang jaman dahulu. Ia merupakan kakak tertua dari Sang Ratu dalam serial game tersebut. Sosoknya lumayan mencerminkan wujud dan sifat asli Iwa Hime.