Japanese Horror Series 4: Kashima Reiko atau Teke Teke

Itu orang kakinya mana?

konbanwa, minna-san ^^Japanese Horror Series akhirnya balik lagi, setelah sukses membuat pembaca terpukau akibat fakta-fakta dari kappa yang ternyata adalah makhluk yang jahat(yang belum baca, bisa klik di sini), kali ini saya akan menceritakan kepada minna-san mengenai makhluk yang benar-benar jahat, dan tentunya juga mengerikan. Makhluk ini biasa dikenal dengan sebutan teke teke atau Kashima Reiko. Saya juga akan menceritakan pengalaman saya bertarung dengan mbak Reiko yang cantik ini, namun sebelum itu, nggak afdul rasanya kalau saya merusak tradisi kita, yakni pengetahuan mengenai horror, khusus untuk minna-san, sebelum artikel utama, oke?

Ada pertanyaan bagus dari seorang teman yang ditujukan kepada saya. Berhubung saya suka sekali horror, maka dia menanyakan kepada saya “apa makhluk halus yang saya sukai, Jepang dan internasional”. Setelah dia selesai menanyakan, saya langsung bingung dan galau, segalau memilih pacar, enaknya pilih yang cewek ato cowok ya. Apanya yang digalaukan? Masalahnya adalah, makhluk halus itu umumnya dihindari, namun kenapa kali ini difavoritkan? Kalo misalnya saya favoritkan salah satu makhluk halus, kemudian dia berterima kasih kepada saya karena dapat fans dan mau berteman dengan saya, kan saya yang repot ntar, harus berhadapan dengannya. Kan ceyeemm, attuuutttt T-T

Berteman dengan hantu seperti Risa Saraswati
Berteman dengan hantu seperti Risa Saraswati

After I did a little research dan setelah saya bergumul 3 hari 3 malam dibawah derpaan pancuran pengetahuan diterangi oleh cahaya suci nan pukau dari khalik sang mentari(baca: searching lewat laptop), akhirnya saya menemukan makhluk halus apa yang saya favoritkan, mari disimak:

Dan Makhluk halus Jepang favorit saya, adalaaahhhh *drum rolls

IBUKI FUKO
IBUKI FUKO

Minna-san tahu siapa dia? Iyap! IBUKI FUKO dari seri Clannad dan Clannad After Story ^^. Unyu-unyu begitu, tapi dia yurei lho(buat yang belum tau apa itu yurei dan apa itu yokai, bisa dibaca di sini). Alasan saya memberi gelar dia sebagai makhluk halus Jepang terfavorit ya karena dia unyu aja ^^.

Lantas, siapakah Makhluk halus internasional favorit saya? Kali ini muncul dari suku yokai nih, kira-kira siapa ya? *drum rolls

WEREWOLF
WEREWOLF

Kalo ini nampaknya semua uda pada tahu. Yap! Dialah manusia serigala atau yang biasa dikenal dengan nama werewolf atau the wolfman. Saya sedari kecil memang sudah ngefans banget sama yokai yang satu ini, keren aja dia bisa berubah dimalam bulan purnama, dan lolongannya itu sukses membuat saya yang masih kecil ketakutan. Tidak hanya ngefans, bahkan saya juga sempat bercita-cita ketika dewasa nanti, saya akan menjadi werewolf terkuat yang pernah ada dan bisa terbang. ^^ Maklum lah, waktu itu saya masih sangat polos sekali.

Oke, sudah cukup pengetahuannya. Mari kita masuk ke artikel utama yakni mengenai teke teke(cara bacanya: tek tek, duh jadi kepingin makan tahu tek tek). Teke teke adalah satu dari sekian banyak urban legend di Jepang, mengenai hantu wanita muda yang mengalami nasib naas dan hidupnya berakhir dengan tragis. Adapun Teke teke memiliki beberapa ciri-ciri, yakni:

1. Serem(Ya iyalah!)

2. Bersosok wanita muda dengan setengah badan, yakni bagian bawahnya, menghilang

3. Memiliki semacam sabit ditangan atau sikunya

4. Dia berjalan menggunakan tangan, kalau berjalan prok prok prok menimbulkan suara gesekan dengan tanah dan menghasilkan suara seperti “teketeketeketeketeketeke…”

5. Jika ia menemukan orang ditengah malam, dan bila ornag tersebut tidak cukup cepat atau pintar, maka Teke teke akan membelah badannya menjadi 2, menyerupai sosok teke teke itu sendiri

Punya sabit di tangan, mungkin kayak Nagi the Spurious kali ya
Punya sabit di tangan, mungkin kayak Nagi the Spurious kali ya

 

Legenda

PERHATIAN!! BACA INI TERLEBIH DAHULU SEBELUM TERJADI APA-APA. Saya akan menceritakan kisah naas teke teke dibawah ini, namun rakyat Jepang menyatakan bahwa jika minna-san mendengarkan cerita naas dari seornag gadis bernama Kashima Reiko ini, minna-san akan dikunjungi oleh sang Teke teke dalam kurun waktu 30 hari, bisa di toilet, bisa saja di manapun. Jadi jika minna-san merasa takut, lewati saja bagian legenda ini.

Penampakan Kashima Reiko
Penampakan Kashima Reiko pada jalur kereta Meishin

Kashima Reiko adalah seorang wanita muda yang hidup di Hokkaido, Jepang. Suatu malam, ia diserang oleh sekelompok pria. Mereka melecehkan dan memukuli Kashima Reiko hingga sekarat. Ia berteriak sekencang-kencangnya meminta tolong, namun hari sudah larut, tak ada seorangpun yang mendengarnya. Kashima Reiko yang malang, merangkak sekuat tenaga hingga ia jtuth pingsan di jalur kereta Meishin, dan disanalah hidupnya berakhir akibat terpelindas kereta yang kebetulan lewat, memotong tubuhnya dibagian pinggang menjadi dua. Hingga saat ini, hantu dari Kashima Reiko yang disebut sebagai teke teke masih dendam karena belum bisa menerima kematiannya, dan ia tetap akan mendatangi siapapun yang mendengar kisah naas ini dalam kurun waktu 30 hari, dan mencoba memotong tubuh minna-san menjadi dua, hiiiiii!!!

Cara Penangkalan

angie ong

Bagi Minna-san yang sudah membaca kisah ini namun hidupnya tak ingin berakhir terbelah menjadi 2 seperti gambar 2 gadis diatas, ada cara penangkalannya kok:

1. Kashima Reiko yang sudah berubah menjadi Teke teke akan mendatangi kamar mandi minna-san dalam 30 hari? Ya sudah, pada hari ke 29, buang air sebanyak-banyaknya, dan jangan makan-minum banyak-banyak! Hitung-hitung sekalian diet lah

2. kunci saja semua pintu kamar mandi ^^

3. in case kamar mandi minna-san tidak ada kuncinya: kebanyakan hantu datang pada malam hari, jadi sebisa mungkin tetaplah berjaga-jaga sembari minna-san tidur. Semisal: taruh gelas diatas pintu kamar mandi. Jadi kalau si Teke teke muncul, dia pasti buka pintu kamar mandi terlebih dahulu. Pintu dibuka = gelas jatuh dan pecah. Jika minna-san mendengar suara gelas pecah, segera lari! Saya yakin kedua kaki anda pasti jauh lebih cepat daripada kedua tangan Teke teke

Tapi menurut rakyat Jepang, teke teke akan menanyai minna-san beberapa pertanyaan jika minna-san secara tidak sengaja bertemu dengannya. Jika minna-san menjawab dengan tepat, syukurlah, namun bila salah menjawab, teke teke akan memotong tubuh minna-san. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan dan cara penjawabannya(Tapi Ingat! Pertanyaan-pertanyaan ini akan diajukan teke teke dalam bahasa Jepang! Jadi cari sendiri terjemahannya ke bahasa Jepang ya, atau mulai belajar bahasa Jepang dari sekarang ^^)

1. Jika teke teke bertanya “dimana kedua pahaku?” jawab saja “Jalur kereta api Meishin”

2. Jika teke teke bertanya “Siapa yang memberitahumu?” jawab saja “Kashima Reiko yang memberitahuku”

3. Namun terkadang teke teke menanyakan sesuatu yang rumit, seperti “apa kau tahu namaku?” jangan jawab “Kashima” atau dia akan membunuhmu. Jawab saja “kamen shinin ma” atau dalam bahasa Inggris berarti mask death demon

Kisah tradisional Jepang mengenai teke teke

Penggambaran teke teke
Penggambaran teke teke

Ada kisah klasik Jepang yang memperkuat bukti bahwa teke teke itu ada. Alkisah ada seorang pelajar yang pulang dari sekolah pria dimalam hari. Diperjalanan pulang, ia mendapati seorang wanita cantik sedang berdiri bersandar didekat jendela. Pelajar ini bingung karena apa yang dilakukan gadis ini pada jam selarut itu dan disekolah pria?

Pelajar ini baru saja pindah dari luar kota, sehingga ia tidak tahu jalan pulang. Tiba-tiba Wanita itu bertanya “apa anda tersesat?” Pelajar ini mengangguk dan mendekati wanita tersebut. Namun secara mengejutkan, wanita itu tiba-tiba loncat keluar dari jendela, dan yang membuat heran adalah hanya bagian pinggang kebawah saja yang loncat, bagian atasnya tidak!

Pelajar ini membatu melihat kejadian itu, dan wanita itu merangkak dan memotong tubuh pelajar itu menjadi dua, menyerupai sosok dirinya

Teke teke dalam dunia modern

Teke teke mendapatkan tempatnya didunia modern, terutama pada industri hiburan. Pada layar lebar misalnya, Sutradara Koji Shiraishi telah membuat film mengenai teke teke telah dibuat dan memiliki sekuel lo! Yakni teke teke dan teke teke 2, Ini trailer dari salah satu filmnya:

Buat para pecinta AKB 48, Yuko Oshima mendapat peran di sekuel pertama lo ^^. Entah kenapa pada trailer ini, teke teke jalannya cepat sekali. Jika rakyat Jepang asli menggambarkan langkah teke teke dengan sangat lambat, disini kok… Wah kalau secepat itu jalannya ya bagaimana bisa kabur?

Selain itu didunia animeteke teke mendapatkan kehadirannya untuk menjadi salah satu hantu dirumah hantu pada anime “Gakkou no Kaidan” atua yang biasa kita kenal sebagai “Ghost at School” atau “Ghost Stories”.

Teke teke kok bukan wanita? dan kok bawa gunting?
Teke teke kok bukan wanita? dan kok bawa gunting? Dan kok melayang?

Pengalaman pribadi

Saya dulu pernah secara tidak sengaja membaca cerita mengenai Kashima Reiko, dan saya tidak membaca warning-nya. Jadilah saya ketakutan sendiri. Namun disaat yang hampir sama, teman saya(anggap saja namanya Anton) menantang untuk membaca kisah itu. Jadi menurut perhitungan kami, 30 hari kemudian saya akan kedatangan duluan, lalu disusul Anton, entah apa yang terjadi dengan saya

Hari demi hari berlalu, dan saya berusaha untuk tidak mempercayainya. Akhirnya saya sudah lupa mengenai Kashima Reiko beberapa hari kemudian. Sampai pada hari ke 29, Anton mengatakan bahwa dia takut bertemu Kashima Reiko dan berkata pada saya bahwa hari ini adalah hari ke 29, jadilah saya kalang kabut panik karena diingatkan.

Saya memaklumi jika Anton ketakutan, masalahnya kamar mandi diruangan kosnya berada tepat didepan pintu keluar. Jadi jika Kashima Reiko keluar dari kamar mandi, tidak ada jalan bagi Anton untuk kabur kecuali lompat dari kamar kosnya dilantai dua melalui jendela. Namun dengan tubuhnya yang kelewat gemuk, saya tidak yakin dia dapat bertahan hidup dibawah, takutnya malah jadi sekarat, trus terpelindas mobil, jadilah Kashima Anton.

Maka pada hari tersebut, saya buang air sebanyak-banyaknya, tidak makan-minum banyak-banyak, dan menghafal jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan. Saya bahkan mencatat jawaban tersebut di telapak tangan saya.

Pukul 23.30 WIB, saya menantang Anton untuk mengambil gambar dari kamar mandi masing-masing tepat pada pukul 00.00 WIB. Jika tidak bertemu, syukurlah, namun jika mbak Reiko ada disana, setidaknya kita menjadi 2 orang pertama sepanjang sejarah yang berhasil mengambil gambar mbak Reiko. Dan ternyata pada pukul 00.00, di kamar mandi kami tidak ada apa-apa. Kami sangat lega

Namun situasi berubah drastis ketika sekitar pukul 00.15, terjadi hujan badai, dan listrik di rumah kami berdua padam (berhubung rumah kami berdua berada pada komplek yang sama). Anton menelepon saya dan hanya berkata 1 kalimat “semoga kita berdua bisa berada dalam perahu yang sama menyusuri sungai Styx, kau salah satu temanku yang terbaik, Vencent..”

Keadaan bertambah buruk ketika saya mendengar bahwa anjing saya melolong. Saya sudah tidak tahu harus berbuat apa, saya hanya bisa menanti kehadiran mbak Reiko ditengah kegelapan, sembari mengingat jawaban-jawaban atas pertanyaan yang mungkin diajukan. Saya membatu diranjang saya hingga…. Saya ketiduran…

Keesokan paginya, kami berdua masih bisa melihat terangnya cahaya mentari. Kami berdua sepanjang hari itu berusaha sebisa mungkin menghindari ruangan yang disebut sebagai kamar mandi. Malam harinya, kami berdua sudah benar-benar tidak bisa menahan panggilan alam kami, namun kami takut kami akan kehilangan nyawa jika kami kalah dalam pertarungan hasrat membuang air.

DAN AKHIRNYA!! Lonceng pukul 00.00 WIB berbunyi, tanda penderitaan kami resmi berakhir, dan kami telah lolos dari maut. Namun malam itu, saya heran, kenapa mbak Reiko tidak mendatangi kami, lalu saya menemukan bahwa mbak Reiko hanya mendatangi orang yang MENDENGAR kisahnya, sedangkan saya dan Anton kan MEMBACA kisahnya. Jadi minna-san, selama minna-san tidak mendengar kisah naas tersebut, saya yakin minna-san tidak akan didatangi, karena saya adalah bukti nyatanya ^^

Akhiran

Terima kasih sudah membaca Japanese Horror Series yang ke 4, saya harap saya akan dapat terus menyajikan kepada anda, khusunya para pecinta horror, mengenai kisah-kisah horror dengan lengkap dan menarik. Oya, sebagai penutup, saya mau kasi sedikit test nih: teke teke ini termasuk dalam hantu jenis apa?

a. Yurei

b. Yokai

c. Onryo

Sebagai clue nih, teke teke tidak bisa dibilang sebagai seseorang lagi karena bentuknya, namun ia tidak bisa masuk kealam baka karena ia masih mencari kedua kakinya. Ketik jawabannya di komen ya ^^ Bagi penjawab pertama yang tepat, akan saya kasi doa semoga ditemui mbak Reiko, lho!?

Terima kasih dan sampai ketemu pada seri berikutnya. Oya, seri berikutnya nampaknya horrornya mengandung kisah sedih. Penasaran kan? Tetap stay tune yah ^^v

 

Sumber: Scaryforkids, wiki, tofugu