Japanese Horror Series 2: Yurei dan Yokai

Wuih, tengkoraknya titan!!

Konnichiwa, minna-san ^^ Akhirnya Japanese Horror Series kembali lagi. Aslinya sih kali ini saya mau menceritakan tentang kisah sedih dari seekor, eh sebuah, eh seorang, eh apa ya?(entahlah kalau hantu itu satuannya apa) sesosok yurei yang termasuk salah satu yang paling terkenal di Jepang ini. Namun setelah saya pikir-pikir, artikel-artikel berikutnya akan banyak menggunakan kata-kata yurei dan yokai. Bagi minna-san yang uda mengerti definisi dari keduanya sih tidak masalah, namun bagaimana dengan yang belum mengerti? Karena itulah saya memutuskan untuk menerangkan kepada minna-san  mengenai apa itu yurei dan apa itu yokai. Oke?

Sederhananya, yurei adalah “seseorang” dan yokai adalah “sesuatu”. Jika lebih dijabarkan lagi, yurei adalah arwah yang penasaran, yang entah karena suatu hal mereka belum bisa masuk ke alam baka, seperti ada misi yang belum terselesaikan, atau ada balas dendam terhadap seseorang atau sekelompok orang. Sedangkan yokai adalah makhluk mitos yang memiliki bentuk dan kemampuan khusus, yang tidak dapat dikalahkan oleh manusia biasa, Hanya para petinggi keagamaan yang dapat mengalahkan yokai. 

Ciri-ciri yurei:

ciri-ciri yurei
ciri-ciri yurei

1. Katabira dan hitaikakushiyurei umumnya mengenakan katabira(kimono putih) dan hitaikakushi(ikat kepala berbentuk segitiga). Digambar tersebut, katabira digambarkan dalam nomor 5 dan hitaikakushi nomor 1

2. Rambut hitam: rambut yurei kebanyakan berwarna hitam, panjang, terurai, dan beberapa berantakan(digambarkan pada nomor 2 dan 3) . Rambutnya kok bisa lurus ya? Mungkin mereka rajin cuci rambut mungkin? Pake shampoo mahal lagi.

3. Tangan lemas dan kaki tak kelihatan: tangan yurei terlihat lemas dan terkesan menakut-nakuti(nomor 4), sedangkan kaki yurei tidak nampak karena mereka melayang diatas tanah(nomor 7)

4. Hitodama: kemunculan yurei biasanya disertai dengan munculnya hitodama, yakni bola api yang diercaya sebagai roh aslidari orang yang meninggal tersebut. Hitodama digambarkan pada nomor 6

Namun tidak semua yurei bentuknya seperti itu. Asal makhluk halus yang bersangkutan tidak bisa ke alam baka karena ada misi yang belum selesai, makhluk halus tersebut bisa disebut sebagai yurei. Contoh yurei yang bentuknya tidak seperti itu adalah:

Honma Meiko dari seri Anohana
Honma Meiko dari seri Anohana

Meski unyu begitu, namun Honma Meiko adalah tetap yurei, karena dia belum bisa kembali ke alam baka karena misinya didunia belum selesai kan?

 

Ciri-ciri Yokai:

1. Bentuk dan sifatnya khas: masing-masing yokai memiliki bentuk dan sifat yang khas satu sama lain, ada yang bisa terbang, ada yang bisa mengakibatkan bencana, ada yang jago bela diri, dll.

2. Pandai bertarung dan berburu: hampir semua yokai pandai bertarung dan tidak sungkan untuk membunuh manusia. Jadi kalau minna-san udah ketemu sama yokai, mending jangan ganggu dia atau kalo udah terlanjur… Minta ampun aja deh sebelum dia mengubahmu menjadi yurei, wakakakakaka.

3. Bisa kalah: loh? Katanya Yokai  pandai bertarung dan berburu, lalu siapa yang dapat mengalahkannya? Hanya pemuka-pemuka agamalah yang dapat mengalahkannya. Biasanya di film-film, yang kita lihat adalah kepala Biksu atau kepala kuil Shinto yang mengalahkan yokai. Lalu, apakah pemuka agama lain tidak mampu mengalahkan yokai? Jawabannya adalah Bisa, karena tiada kuasa yang mampu mengalahkan kuasa sang Tuhan Yang Maha Esa. Namun karena agama mayoritas di Jepang adalah Buddha dan Shinto, maka penakluk yokai seringkali digambarkan sebagai kepala biksu atau kepala kuil Shinto

Kepala biksu melawan Tengu
Kepala biksu melawan Tengu

4. Ada yang baik: tidak semua yokai itu jahat. Ada banyak kisah yang menceritakan bahwa banyak yokai yang cuek terhadap manusia, ada juga yang hidup berdampingan dengan manusia, atau malah menikah dengan manusia. Keturunan antara yokai-manusia disebut demigod  hanyou yang artinya setengah setan

Dibawah ini ada contoh beberapa yokai terkenal yang akan saya ceritakan di seri-seri berikutnya:

Kappa
Kappa
Unyu-unyu tapi Yokai, Yuki Onna(tapi aslinya emang cantik sih)
Unyu-unyu tapi Yokai, Yuki Onna(tapi versi asli dari Yuki Onna emang cantik juga)
Yokai milik Indonesia, Genderuwo
Yokai milik Indonesia, Genderuwo

Namun ada pula makhluk halus yang tidak jelas apakah dia layak disebut yurei atau yokai, disebut yokai karena sifatnya yang mampu menimbulkan bencana, namun disebut yurei pula karena fisiknya seperti manusia dan motifnya adalah balas dendam, contohnya adalah Emperor Sutoku:

Onryo Emperor Sutoku menyemburkan petir
Onryo Emperor Sutoku menyemburkan petir

Loh? Itu Manusia tapi kok jadi dewa gitu? Kok bisa menimbulkan bencana? Saya janji akan menjelaskan kisah dari Emperor Sutoku di seri-seri berikutnya, namun intinya adalah balas dendam teramat sangat yang dibawanya hingga dia meninggal. Kalau minna-san ketemu hantu model onryo, mending hormati dia atau kasi apa yang dia mau aja deh, karena sejauh ini belum ada manusia yang mampu mengalahkan gabungan yurei dan yokai ini.

Duh, Aku penasaran lebih lagi nih sama yurei dan yokai

Penasaran? Sama ^^ Dulu waktu saya pertama kali mengenai yurei dan yokai, saya juga penasaran. Lalu, jika mau tahu lebih lagi, belajar dari mana?

1. Belajar dari cewek favorit saya, mbak Gugel

2. Buat yang suka baca buku, ada nih, buku mengenai yurei dan yokai buatan Hiroko Yoda dan Matt Alt, judulnya Yurei Attack” dan “Yokai Attack”. Bukunya kualitasnya bagus pake banget, cara menulisnya kocak, dan ilmu yang terkandung didalamnya kelewat lengkap. Namun karena harganya agak mahal dan belum ada versi terjemahannya, masih ada alternatif ketiga, yang saya yakin minna-san akan memilihnya

Attack Trilogy buatan Hiroko Yoda dan Matt Alt
Attack Trilogy buatan Hiroko Yoda dan Matt Alt

3. Kabar baik buat para pecinta Anime, ada banyak Anime yang menceritakan tentang yurei dan yokai, diantaranya adalah:

Gakkou No Kaidan
Gakkou No Kaidan

Gakkou No Kaidan: Di anime yang biasa kita kenal sebagai School Ghost Stories ini terdapat banyak sekali yurei dan yokai yang dapat minna-san ketahui. Ceritanya adalah mengenai sekumpulan anak sekolahan yang bertemu dengan banyak yurei dan yokai, dan di anime ini juga akan dipertontonkan cara mengatasi kemunculan yurei dan yokai tersebut.

Author’s Note: episode 19 sempat membuat saya tidak bisa tidur beberapa hari, hahaha

Yami Shibai
Yami Shibai

Yami Shibaianime yang dalam bahasa Inggris berarti Japanese Ghost Stories ini hanya terdiri dari 5 menit per episodenya. Tiap episodenya menceritakan yurei yang variatif dan per episodenya tidak berkelanjutan, jadi boleh dilihat secara tidak urut. Teknik penggambarannya mengadaptasi dari pemain wayang kertas yang kerap ditemui di Jepang zaman klasik. Disini hanya ada yurei saja, jadi untuk para pecinta yokai, bersiaplah kecewa karena tidak ada yokai-nya, wahahahaha.

Author’s Note: minna-san boleh menonton episode berapapun, asal jangan episode 8 season 1 ya. Takutnya minna-san jadi tidak bisa tidur, hihihihi

Mononoke
Mononoke

Mononoke: anime ini menggunakan teknik penggambaran yang kuno sekali. Adapun anime ini terdiri dari 4 arc yang masing-masing arc-nya menceritakan seorang penjual obat yang mampu mengusir para “Mononoke”(sebutan lain dari yokai). Kalau disini, para pecinta yurei  siap-siap kecewa karena disini tidak ada yurei-nya, wahahahaha…

Menarik ya pembahasan mengenai yokai dan yurei  ini. Semoga dengan membaca artikel diatas minna-san jadi bisa menerangkan beda antara yurei dan yokai kepada kerabat minna-san, jangan hanya menganggap semua makhluk halus dengan sebutan “hantu” atau “setan” ya, oke?