Japan Overdrive merupakan sebuah event klasik dan menjadi salah satu event pioneer di dunia pop culture Jepang di Jawa Timur. Event yang terselenggara dari sebuah komunitas yang bernama KoJTsu (Komuintas Jepang Surabaya) ini tercatat pertama kali diadakan pada tahun 2006 dan mempunyai ciri khas yaitu sebuah konser J-Music dari band-band lokal yang mengusung berbagai aliran J-Music tersebut.

Hampir satu dekade dari awal penyelenggaraan nya, Event Japan Overdrive kembali dengan sebuah semangat baru dan mengambil tema Re:Boot untuk pegelaran Japan Overdrive ke 6 ini. Re:Boot sendiri diambil dengan maksud untuk mengembalikan fitrah Japan Overdrive sebagai pesta pertunjukan para musisi lokal yang intens dan fokus memilih J-music sebagai warna musik nya.

Japan Overdrive 6

Selama pegelaran sebelumnya, Japan Overdrive berhasil memasukkan semua unsur J-culture, baik yang modern hingga tradisional, dan hal ini menjadi semacam Blue-Print bagi berbagai event  bertema jepang yang berlangsung di Surabaya dan sekitarnya selama ini. Event – event yang diselenggarakan Kojtsu lah yang mungkin pertama kali memasukkan Tarian “Yosakoi” sebagai bagian dari sebuah main event. Dan kompetisi-kompetisi lain seperti “manga Character” , “Manga”, Individual Cosplay, Cosplay Cabaret, Costreet, Cosinger, Karaoke dan sebagainya yang juga pernah di masukan dalam event-event yang pernah digelar oleh KoJTsu pun menjadi gambaran event-event bertema Jepang yang banyak berkembang saat ini.

Maka pada pagelaran nya yang ke 6 yang akan diselenggarakan pada 27 Desember ini, Japan Overdrive akan menampilkan sebuah root yang mereka pegang selama ini sebagai sebuah full concert J-Music yang akan melibatkan 20 Band yang akan mengisi Line Up mereka, sebagian besar band yang tampil adalah band yang juga tergabung dalam KoJTsu, namun ada juga band-band yang juga diambil dari sebuah seleksi audisi, yang dilaksanakan sepanjang tahun 2015 dalam event yang bertajuk road to Japan Overdrive.

Berikut adalah nama-nama yang akan memeriahkan Japan Overdrive ke enam ini.

  1. Raiku
  2. Notice Me Senpai
  3. Neo Beings
  4. Daijoubu
  5. Hyakushiki
  6. Re:Alive
  7. Kiyora
  8. Onimusha
  9. Daisy And Aster
  10. ESC
  11. Madisson Boys
  12. Akiba Street
  13. Crime Buster
  14. Otaku
  15. Eternal Yuu
  16. Chocolatino
  17. Kojtsu Allstar
  18. Anonim
  19. HYN
  20. Kiseki