Japanese Film Festival yang terselanggara dari 24-27 November kemarin memiliki serangkaian acara, tidak hanya pemutaran film saja. Salah satunya adalah Japan Fun Day Show yang diselenggarakan pada hari sabtu, 26 November 2016. Acara yang mengusung berbagai kebudayaan Jepang tidak hanya kebudayaan tradisional saja, namun juga kebudayaan modern.

Acara yang bertempat di F3 Fx Sudirman ini dimulai dari jam 1 siang. Selain terdapat panggung kecil, disana juga berdiri beberapa stand yang berjualan atau hanya sekedar memberikan pengetahuan atau sosialisasi adat Jepang seperti kaligrafi, permainan tradisional jepang, komunitas tari-tarian jepang seperti Komunitas Kochi Yosakoi Indonesia, lalu ada stand makanan khas jepang onigiri, takoyaki dan lain-lain.

japan-fun-day-show5
Pada mini stage Japan Fun Day sendiri memiliki acara yang tak kalah menarik dengan berbagai performance dari Yanakiku Idol, Happy Kingdom, Spica, Aoi Musume, dan Anisong Cover Singer. Hal yang menarik perhatian mimin adalah ketika penampilan dari Komunitas Kochi Yosakoi Indonesia dan Umaku Eisa Shinka Indonesia yang membawakan tarian khas jepang.

japan-fun-day-show1
Yosakoi sendiri adalah tarian yang berasal dari negeri Sakura. Tarian ini tercipta pada masa pemerintahan Yamauchi Katsutoyo (1596-1615). Kata Yosakoi mempunyai arti ‘datanglah kau malam ini’. Sedangkan kisah lain menceritakan bahwa kata Yosakoi berasal dari seruan para pekerja bangunan ketika membangun Istana Kōchi di masa pemerintahan Yamauchi Katsutoyo (1596-1615).

japan-fun-day-show3
Sedangkan Eisa adalah tarian tradisional masyarakat Okinawa yang dibawakan sejak abad ke-17. Di daerah asalnya, eisa dibawakan saat Obon, perayaan menyambut kembalinya arwah leluhur, yang digelar tiap pertengahan tahun. Gerakan para penari eisa banyak mengadopsi teknik karate—ilmu bela diri yang populer di Okinawa. Umaku Eisa Shinka Indonesia sendiri pernah mengharumkan nama Indonesia dimata dunia dalam Dalam kompetisi eisa internasional, Worldwide Eisa Festival.

Japan Fun Day
Fun walk cosplay competition

Tidak hanya berisi performance modern dan tradisional saja, pada Japan Fun Day Show ini juga diselenggarakan acara cos walk competition yang berhadiah sebesar Rp250.000. disela-sela performance MC selalu memberikan beberapa quiz dengan hadiah berupa tiket ataupun marchendise JFF. Tidak hanya berisi pemutaran film jepang saja, JFF juga menyuguhkan berbagai informasi mengenai budaya jepang sehingga kita dapat mengenal lebih jauh tentang Jepang. Semoga Japan Film Festival ini menjadi acara yang berkelanjutan dimasa yang akan datang.

Aoi Musume
Aoi Musume