Jakarta Hobby X – Wadah Gathering bagi Komunitas Hobi

Jakarta Hobby X diselenggarakan pada tanggal 7-8 November 2015 di GAMBIR JIEXPO, Jakarta. Acara ini merupakan sebuah wadah untuk para komunitas hobi berkumpul dan menunjukkan kebolehannya. Seperti di tahun sebelumnya , Jakarta Hobby X menyelenggarakan kompetisi-kompetisi terkait dengan hobi, diantaranya Cosplay, karaoke, hingga lomba menggambar.

Hari pertama di panggung utama diawali dengan lomba Coswalk dimana para Cosplayer Street dapat mengunjuk kebolehannya di depan panggung. Adapun lomba karaoke, dance cover Korea dan Jepang. Keseruan terus memuncak hingga acara Cosplay Competition. Berbeda dengan Coswalk, Cosplay Competition ini dijurikan langsung oleh para panel yang ahli di dalam bidangnya, yaitu Zhuge (Perwakilan Cosplay Indonesia untuk WCS 2012), Luki (Cosplay Photographer Profesional), dan Johan, selaku penyelenggara acara. Uniknya, sang cosplayer tidak hanya dikomentari mengenai kostum dan performance-nya di panggung, tapi juga pengetahuannya mengenai karakter yang ia perankan. Menurut Zhuge penilaian terbaik diberikan kepada cosplayer yang tidak hanya tampil dengan kostum, keseusaian performance dengan karakter dan ketelitian pada kostum menjadi nilai plus untuk memenangkan sebuah kompetisi Cosplay.

Di sore harinya diadakan flashmob yang semakin memanaskan suasana acara di hari pertama, apalagi para penonton juga dapat ikut berjoget. Acara pun memuncak setelah penampilan memukau dari DJ Redshift yang berhasil membuat penonton menikmati setiap beat dari lagu-lagu yang dibawakan olehnya.

day 1

Tidak berbeda jauh dengan penyelenggaraan di hari pertama, hari kedua juga dipenuhi dengan kompetisi-kompetisi. Hanya saja ada beberapa kompetisi tambahan, diantaranya kompetisi menggambar tingkat anak-anak, CosDance, Cosplay SEED, dan Cosplay Idol. Cosplay SEED sendiri merupakan kompetisi perdana yang diselenggarakan KHCI. Berbeda dengan kompetisi cosplay yang pernah diselenggarakan, Cosplay SEED merupakan sebuah ajang kompetisi yang ingin memberikan kesempatan kepada para Cosplayer yang belum pernah memenangkan kompetisi Cosplay sekalipun untuk dapat berunjuk diri dan memenangkan sebuah perlombaan Cosplay.

Selain itu, adapula kompetisi Cosplay Idol yang sudah menjadi langganan kompetisi yang diselenggarakan oleh KHCI di setiap tahunnya. Tahun ini mahkota Cosplay Idol jatuh ke tangan Desy Putri Narita, seorang Cosplayer ternama berasal dari Bali. Johan mengungkapkan, Cosplay Idol diadakan untuk mencari sosok cosplayer yang memiliki karakter dan dapat menjadi suri tauladan bagi para cosplayer lainnya.

DAY 2

Sepanjang acara juga diselingi dengan lelang figurine yang menarik antusiasme pengunjung. Acara pun berakhir dengan pengumuman pemenang dan pemberian mahkota kepada sang Cosplay Idol.

Cosplay Gallery

COSPLAY GALLERY