Para Akiba-Kei dan Akiba-Chan, sempatkah kalian berfikir, jika ada mesin untuk mencuci baju hingga kering, kenapa tidak ada mesin yang bisa melipat baju hingga rapi dan siap dipakai? Tampaknya orang jepang juga berpikiran sama, dan terbukti memang Jepang selalu menghadirkan inovasi-inovasi yang memudahkan kita untuk melakukan hal-hal yang membuat malas dan buang-buang waktu agar bisa dilakukan oleh sebuah mesin atau robot. Dan terciptalah robot pelipat pakaian yang diberi nama LAUNDROID.

Laundroid600

      Robot asisten pembantu rumah tangga ini merupakan hasil dari kolaborasi Daiwa House, Panasonic, dengan Seven Dreamers, perusahaan yang sebelumnya membangun pesawat ruang angkasa dalam program penelitian asteroid ‘hayabusa‘. Laundroid dirancang seperti sebuah lemari, dengan menggunakan image analysis dan robotics yang dibangun dalam mesin tersebut. Jadi ia mampu mengenali hampir semua jenis pakaian dan menyesuaikan teknik pelipatannya, mulai dari T-shirt, baju bekerah, rok, celana pendek, hingga pakaian dalam. Dengan perkiraan saat kita memberinya setumpuk pakaian, Laundroid kira-kira memerlukan waktu 7 jam hingga semuanya selesai dilipat. Bisa di tinggal tidur, bahkan pergi ke kantor. Pagi masukan setumpuk baju, pulang kerja tinggal simpan di lemari pakaian.Laundroid-Robot-3 (1)

laundroid2

       Hanya satu hal yang jadi masalah di sini, laundroid belum bisa melipat kaus kaki, entah kenapa namun para pembuatnya berjanji untuk memperbaikin kelemahan ini agar bisa menjadi lebih sempurna lagi sebelum tanggal pelirisannya. Laundroid sudah bisa di pre-order mulai tahun depan, di ikuti dengan perilisan model beta dan komersialnya. Dan para kreator juga mentargetkan akan merilis fersi finalnya di tahun 2019 dimana Laundroid nanti akan mampu mencuci, mengeringkan, dan melipatnya sekaligus. Bayangkan jika robot itu sudah beredar layaknya mesin cuci saat ini, menghemat sekitar 18.000 jam atau 750 hari sepanjang hidup manusia yang digunakan untuk mengurusi cucian saja. Tertarik? Tunggu hingga masuk ke Indonesia ya, sementara ini bersabarlah dengan cucian-cucianmu para Akiba.