Ada banyak tokoh bersejarah yang terkenal di Jepang. Tokoh-tokoh macam Oda Nobunaga atau Date Masamune yang juga suka muncul dalam berbagai animanga dan game Jepang. Dan menariknya adalah bisa saja keturunan dari tokoh tersebut masih ada sampai sekarang ini, dan bisa saja mereka adalah selebriti yang juga terkenal. Salah satunya yang baru-baru ini dikabarkan adalah penyanyi Jepang Matsutoya Yumi.

Matsutoya Yumi adalah penyanyi veteran genre J-Pop dalam dunia musik Jepang yang sudah aktif sejak tahun 1968. Sebelumnya ia dikenal dengan nama Arai Yumi, tapi ia merubah nama keluarganya setelah memutuskan untuk tetap melanjutkan karirnya sebagai penyanyi setelah menikahi komposer musik Matsutoya Masataka.

Ia juga ada koneksi dengan dunia animanga, dengan lagu-lagunya dipakai dalam beberapa film anime Ghibli. Lagu lamanya Hikouki-Gumo dijadikan lagu tema Kaze Tachinu, dan lagunya yang berjudul Rouge no Dengon dan Yasashisa ni Tsutsumaretanara dijadikan lagu tema anime Kiki. Dan baru-baru ini ia juga membuat koneksi dengan dunia game.

Dengan diumumkan kalau ia akan menyanyikan lagu tema baru untuk seri pedang tampan Touken Ranbu yang berjudul Anata to Watashi to untuk merayakan anniversary kelima dari game tersebut. Dan dari sinilah ia memberi pengakuan yang menarik.

Karena sang penyanyi mengatakan alasannya memutuskan untuk bersedia terlibat dengan seri bertema sejarah tersebut, adalah karena ia merasakan adanya koneksi akan sejarah, karena ia sendiri memiliki hubungan darah dengan salah satu tokoh bersejarah ternama Jepang.

Dan tokoh tersebut, adalah pemilik dari pedang Yamatonokami Yasusada dan Kashuu Kiyomitsu yang juga jadi karakter game Touken Ranbu, salah satu kapten grup Shinsengumi, Okita Souji! Pengakuan yang juga mengejutkan Masuda Toshiki sang seiyuu dari karakter Kashuu Kiyomitsu.

Matsutoya menjelaskan kalau koneksinya dengan Okita Souji berasal dari sisi ibunya, beberapa generasi sebelumnya. Dikatakan kalau moyang sang penyanyi adalah para orang desa yang belajar ilmu berpedang dan kemudian menjelajah ke Kyoto untuk menaikkan hidup mereka, dengan Okita Souji adalah salah satunya.