J-Pop + Metal + Traditional Instrument = Wagakki Band

Hmm,, mungkin dari kalian sudah gak asing dengan band yang satu ini. Kalo kalian penyuka vocaloid pasti sudah kenal lewat Tengaku. Tapi seperti apa sih sebenarnya Wagakki Band ini? dan bagaimana mereka maracik musiknya? Lihat dulu Video ini untuk Flashback dikit,

Wagakki band memang mulai naik daun setelah banyak pecinta Vocaloid yang melirik mereka lewat lagu diatas. Namun sebenarnya band ini memang punya nilai tersendiri untuk digemari, selain Jpop mereka juga menggabungkan instrumen Tradisional didalam musiknya namun dengan ramuan chord-chord dan shredding style ala musik Metal yang semakin memperlebar jangkauan Musik mereka. Seperti halnya fenomena Babymetal yang menggabungkan Jpop dengan kerasnya dentuman Musik metal, Babymetal dapat memperlebar pangsa pasar mereka dari pecinta Idol hingga ke Metalhead. Sementara Wagakki Band bahkan lebih luas lagi, mereka dapat memuaskan pecinta Jpop, Metal, dan Musik-musik beraroma tradisional. Dan mungkin juga akan berperan untuk saling mengenalkan Pecinta musik lintas genre tersebut.

Gaya musik Wagakki band merupakan sebuah kombinasi manis antara Instrumen-instrumen modern seperti Gitar Elektrik, Bass, dan Drum dengan instrumen tradisional Jepang seperti:
Taiko Drum: Perkusi dari Jepang yang sebenarnya lebih mirip seperti Bedhug dibanding dengan drum.
Tsugaru-Jamisen, merupakan nama instrumen dan juga nama Gaya permainan musik, Tsugaru-Jamisen berupa instrumen seperti gitar dengan tiga senar, ukurannya lebih besar dari sebuah Jamisen biasa. Kalo suaranya mungkin kalian sudah familiar, ini sering muncul menjadi backing soud di beberapa film di Jepang, terutama yang kolosal. Anggap saja ini gitar ala jepang lah, 😀
Shakuhachi, berupa suling dengan Lima lubang, biasanya dalam upacara kebudayaan maupun ritual, suling ini dimainkan oleh orang dengan topi yang Aneh.
Koto, Kalau ini kita nyebutnya kecapi mungkin ya, yang pasti ini alat petik biasanya dimainkan di pangkuan, (yup ini pasti Kecapi)
Lebih jelasnya mungkin seperti gambar-gambar dibawah ini

Taiko (ini salah satu Drummer Taiko yg Terkenal juga, Koji Nakamura)
Taiko (ini salah satu Drummer Taiko yg Terkenal juga, Koji Nakamura)
ini Shamisen
ini Jamisen
sh
shakuhaci (topinya aneh kan?)
Koto
Koto

Hmm, usai nambah pengetahuan soal instrumen tradisional Jepang sekarang balik Lagi ke Wagakki band. Sebenarnya instrumen tradisional diatas juga beberapa kali muncul di dalam lagu-lagu pop musisi Jepang. Namun Wagakki band merupakan band yang pertama yang terbentuk secara khusus untuk membuat karya-karya yang memadukan Instrumen di atas dengan Gaya musik pop hingga Metal yang lebih Modern. Tentunya ada  sedikit modifikasi mungkin yang dilakukan untuk menyamakan skala atau mendapat sound tertentu, tapi yang pasti musik kontemporer seperti ini patut diapresiasi.

Personil Wagakki
Personil Wagakki

Nama Wagakki Band sendiri sebenarnya berarti “Band Instrumen Tradisional Jepang”, dan para personilnya juga sebagian besar mempunyai bckground yang dalam sebagai musisi instrumental. Salah satunya bahkan bergelar “Master” dari YoZan karena begitu mahirnya meniup Shakuhachi. Sudah tidak diragukan lagi memang kemampuan band yang satu ini.

Dan kabar terbaru dari Wagakki Band tentu saja adalah album perdana Mereka yang akan rilis 23 April mendatang. Tentunya dengan Album ini kita akan melihat seperti apa reaksi pecinta musik lintas genre menanggapi Wagakki Band ini. Apakah band ini hanya akan menjadi trend sesaat? Yah kita tunggu saja!

 

Upcoming!!
Upcoming!!

 

 

Source: DDN Japan, Rocketnews

  • Haruhi

    Dengerin pertama kali musiknya, ane langsung jatuh cinta nih~ ^^