iSketchnote: Teknologi Baru untuk Yang suka Gambar Manga

Banyak yang telah mencoba untuk “mendigitalisasi” cara-cara untuk menggambar, tapi bagi kebanyakan artist, terutama penggambar sejati, tak ada yang mengalahkan perasaan menggambar di Kertas dan Pulpen yang sebenarnya.

Tapi sekarang muncul teknologi bari, berkat iSkecthnote, kini kita bisa menulis atau menggambar di Kertas sungguhan dan menggunakan Pulpen sungguhan dan dalam saat bersamaan gambar kita akan di digitalisasi ke dalam komputer

Produk ini sebenarnya dimulai dari sebuah Kickstarter Project oleh sebuah grup asal Perancis ISKN. Tepatnya pada september 2013 dan berkembang secara drastis setahun kemudian mulai dari target $35.000 menjadi $350.000. Sekarang, sekitar satu tahun lebih sedikit, iSketchnote dirilis secara umum, sebagai pilihan kategori Tablet untuk menggambar, Padahal ini bukan tablet, hanya sebuah alas menggambar magnetis?? dan Pulpen,, Kalian bisa menaruh Kertas jenis apapun di atas alas ini, manulis atau menggambarlah dengan pulpen khusus bawaannya, dengan bantuan USB atau Bluetooth, kalian akan langsung melihat versi digital gambaran kalian pada tablet atau PC kalian.

Ini contoh video iSketchnote, benar-benar cuma alas, dengan Kertas dan Pulpen!!

Mengesankan bukan? bahkan pulpen nya ga memerlukan Batre lho!! Pulpen iSketchnote ini bekerja secara magnetis, sperti yang diperlihatkan gambar berikut

“Magnet yang terdapat dalam pulpen, membuat sebuah medan magnet yang akan ditangkap oleh sensor. Data ini diproses untuk meperkirakan posisi dan orientasi dari pulpen itu”

Bahkan kertas yang kita gunakan di atas alas tersebut tidak harus kertas biasa, Bisa juga, notebook, alas gambar, sapu tangan atau apapun. Dan setelah kamu mendapat gambar versi digital, kamu bisa mengembangkannya sesuai keinginanmu, sma halnya seperti Drawing Tablet yang lain. Kalian bisa mengahapus, merezise, menambahi, mengubah warna, atau apapun yang kalian inginkan.

Bagi pecinta manga, mungkin ini bisa jadi fitur yang menarik dimana kalian bisa langsung membuat Versi digital dari karakter kalian, dan seperti kita tahu, sekarang penyebaran konik atau gambar sudah banyak yang dilakukan Versi digital.

Coba kita lihat contoh dimana penerapan Hasil gambar di Kertas, dan hasil gambar di Versi digital bisa berubah dan berbeda, di iSketchnote ini.

Kalau kalian masih mengira Gadget yang satu ini masih belum terjangkau karena harus membutuhkan tablet atau PC, kalian salah,,, iSektchnote mempunyai fitur Stand Alone dimana kalian bisa menggambar diatas alas ini tanpa terhubung dengan Tablet atau PC dan hasil Gambar Kalian dapat langsung disimpan kedalam Memori Internal atau SD Card.

Gimana menurut kalian pecinta manga???
Dengan batre yang bisa bertahan selam 10 Jam dengan penggunaan terus menerus, dan Empat pilahan Warna yang menarik: Orange, Hijau, Biru dan Pink. Dan harganya, dipatok $179 atau setara kira-kira Rp. 2000k mungkin yah,, yah bagi kalian pecinta manga, dan digital drawing, menurut kalian worth engga?

Sampai saat ini, iSketchnote hanya kompatibel denga iPad, tapi jangan khawatir, meskipun dengan embel-embel “i” didepannya, sang developer masih independent, jadi mereka masih dalam proses perkembangan agar iSketchnote dapat juga kompatibel dengan Windows, OSX, dan tentu saja android, Kalian juga bisa melakukan pre-order disini kalau benar-benar ingin mencoba sensasi iSketchnote,, Happy Drawing!!!

Source: Hachima Kikou, ISKN, Rocketnews24