Minggu lalu diberikan pengumuman besar bagi fans seri Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan. Dikatakan kalau sang mangaka, Isayama Hajime sensei akan hadir dalam program documentary berjudul Jounetsu Tairiku yang terbaru tanggal 18 kemarin. Dikatakan disitu ia akan membicarakan berbagai hal, termasuk akhir dari maha karyanya. Dan sesuai jadwal program itu ditayangkan, dan disitu diperlihatkan bagaimana adegan final manga Shingeki no Kyojin.

Akhir dari seri Shingeki no Kyojin sebenarnya sudah dibicarakan pada tahun 2014 lalu. Isayama sensei sendiri mengatakan dalam wawancara bersama majalah sastra Da Vinci kalau ia tadinya merencanakan manga Shingeki no Kyojin untuk selesai dalam 16 volume.

Tapi kemudian rencananya itu diperpanjang lagi karena Isayama ingin lebih mengembangkan sisi emosional naratifnya dan jumlah karakternya yang bertumbuh banyak. Dan ia kemudian merencanakan untuk menyelesaikan manga Shingeki no Kyojin kira-kira dalam tiga tahun lagi.

Dan sepertinya batas waktu akan akhir dari kisah besar tersebut memang sudah sangat dekat. Yang telah digelitik pada teaser pengumuman acara Jounetsu Tairiku minggu lalu, dan ditelusuri dalam tayangan itu kemarin.

Tak hanya final Shingeki yang dibicarakan. Acara itu juga memperlihatkan beragam hal lain, seperti bagaimana perasaan editornya, Kawakubo Shintarou, saat melihat draft awal Isayama, dan jadwal kerja Isayama tahun ini.

Dan sesuai dengan alasan Isayama mau tampil dalam acara itu, yaitu untuk mempromosikan anime Shingeki no Kyojin, diperlihatkan kalau Isayama juga terlibat dalam sesi perekaman suara para seiyuu, dimana ia memberikan input pada mereka.

Kemudian mendekati akhir dari acara dokumentari Jounetsu Tairiku, diperlihatkan kalau Isayama sensei sedang menggambar layout draft kasar akan panel yang menjadi akhir dari manga Shingeki no Kyojin! Mina-san penasaran? Tapi warning ya ini bisa dikategorikan sebagai spoiler, meskipun tak diberikan detail apa maksud adegan tersebut.

 

Siap?
Silahkan scroll kebawah~

.

.

.

 

Panel akhir dari manga Shingeki no Kyojin menampilkan seseorang yang memeluk bayi kecil. Tak begitu jelas siapa karakter dan bayi itu. Sedangkan speech bubble karakter itu mengatakan “kau bebas” kepada sang bayi.

Comments