Minna-san konnichiwa, ogenki desuka?

Kali ini Akiba Nation akan membahas bagimana keseruan Clas:H Surabaya 2016 yang diadakan di Surabaya Townsquare, 7 Februari lalu.

Deretan Para Peserta Clas:H Surabaya 2016
Deretan Para Peserta Clas:H Surabaya 2016

Seperti yang sudah minna ketahui, Clas:H (Cosplay Live Action Show : Hybrid) adalah event cosplay nasional tahunan yang sudah diadakan sejak tahun 2011 lalu. Dengan memilih 5 kota besar yang berada di Indonesia, yakni, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan, event tahunan ini selalu sukses dan melahirkan cosplayer-cosplayer berbakat asal Indonesia, yang membawa nama harum Indonesia ke kancah internasional.

Tahun ini Clas:H memulai road show mereka dari ibu kota provinsi Jawa Timur, yaitu Surabaya. Berkolaborasi dengan Surabaya Nihon Matsuri, Clas:H membuat atmosphere di SUTOS begitu ramai dan meriah.

( Baca juga: SNM 2016: Akhirnya bisa merasakan Matsuri di Surabaya! )

Walaupun akhir-akhir ini di Surabaya masih sering dilanda hujan yang turun secara tiba-tiba, namun hal itu sama sekali tak menyurutkan semangat para pengunjung dan peserta Clas:H sendiri, yang jumlahnya ada 13 team yang berasal dari berbagai kota di Jawa Timur dan Bali.

Dengan 4 juri, yakni, TUNA (Korea), E-Chan Cosplay (Jerman), Joca dan Xhinji, Clas:H melahirkan bibit-bibit cosplayer berbakat di tingkat Jawa Timur dan Bali. Berbeda dari tahun sebelumnya dimana putaran regional CLAS:H hanya akan mengambil satu perwakilan dari tiap kota yang dikunjunginya. Pada gelaran CLAS:H 2016 di Surabaya kali ini juri mengambil sebuah keputusan yang cukup membuat surprise, yaitu di pilihnya dua perwakilan dari Surabaya untuk maju ke babak final di Jakarta. Dua tim yang terpilih dan dirasa pantas untuk bersaing di tingkat Nasional adalah Senpasaint Boyz dan Cosplay Bender.

Dua tim tersebut memang mampu menunjukan kemampuan terbaiknya, Cosplay Bender yang mengcosplaykan Monster Hunter, mampu membuat juri kagum dengan costume yang detail dan terlihat rumit, mereka pun juga menyabet kategori best costume berkat kostum tersebut. Sementara Senpasaint Boyz yang juga diperkuat oleh Catch yang pernah maju mewakili Indonesia dalam ajang World Karaoke Grand Prix tersebut, mampu mengungguli Cosplay Bender melalui penampilan nya saat mengcosplaykan Saint Seiya Sanctuary.

Para Pemenang Clas:H Surabaya 2016 dan Para Juri
Para Pemenang Clas:H Surabaya 2016 dan Para Juri

Selain kemeriahan dari berbagai penampilan cosplay dari para peserta Clas:H, acara yang dimulai sejak pukul 10 pagi ini juga menampilkan banyak special performance serta berbagai workshop dan kolaborasi dari berbagai macam budaya tradisional Jepang dan Indonesia.

Selain dapat mempelajari budaya asing, disini para pengunjung juga tidak dibuat lupa dengan budaya dari negeri sendiri.

Suasana Saat Seiyuu Contest
Suasana Saat Seiyuu Contest

Dengan membesut DJ Vocaloid, REDSHiFT sebagai pengisi theme song Clas:H sejak tahun 2013, dengan lagu berjudul “Keep The Joy Loop Forever”, bintang tamu serta pengisi theme song Clas:H tersebut ikut memeriahkan acara pada sore hari itu.

Penampilan REDSHiFT di Clas:H Surabaya 2016
Penampilan REDSHiFT di Clas:H Surabaya 2016

Dengan me-remix berbagai lagu Vocaloid dan Anisong, disertai dengan visualisasi yang apik, REDSHiFT memberikan penampilan terbaik mereka kepada seluruh pengunjung Clas:H Surabaya 2016.

Tak hanya itu, DJ Vocaloid yang sudah tak asing lagi di telinga para weaboo ini juga mengikuti serangkaian road show bersama Clas:H. Jadi, buat minna yang berada di Medan, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta, jangan sampai kelupaan sama event yang satu ini ya!

Berikut adalah daftar pemenang Clas:H Surabaya 2016:

  • 1st Winner: SenpasaintBoyz (Surabaya)
  • 2nd Winner: CosplayBender (Malang)
  • 3rd Winner: Akumade Utsukushii
  • Best Costume: CosplayBender
  • Best Perform: AkumadeUtsukushii
  • Best Story Line: Potato of Carribean
_MG_5611
3rd Winner
_MG_5615
2nd Winner
Clas:H Surabaya 2016 Champion - SenpasaintBoyz
Clas:H Surabaya 2016 Champion – SenpasaintBoyz (Surabaya)

 

Selamat kepada para pemenang! Semoga kalian tetap dapat menorehkan prestasi di bidang cosplay baik di dalam maupun luar negeri!

Eits.. tapi untuk yang belum menang jangan berkecil hati, berdiri di panggung penyisihan Clas:H adalah suatu kebanggaan luar biasa yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Setidaknya kalian sudah membawa nama baik kota kalian, deshou?

 

Dan berikut adalah jadwal road show Clas:H di 4 kota besar lainnya:

  • [PRELIMINARY] – Medan, 6 Maret 2016 – Hermes Convention Hall
  • [PRELIMINARY] – Yogyakarta, 19 Maret 2016 – Jogja Expo Center
  • [PRELIMINARY] – Bandung, 17 April 2016 – Bale Dayang Sumbi Kampus ITENAS
  • [FINAL!] – Jakarta, 14 s/d 19 Mei 2016 – Ennichisai Blok M

Apakah finalis dari Jawa Timur yang akan menjadi juara di final Clas:H 2016 di Jakarta nanti? Kita tidak tahu. Tunggu penampilan mereka bulan Mei mendatang!

Sekian review dari event Clas:H Surabaya 2016. Tunggu review-review dari berbagai event selanjutnya disini!

Keep update with everything about Japan, by always reading from akibanation.com!

Dan cek juga beberapa snap shot beberapa cosplayer yang mejeng dari reporter Akiba Nation di CLAS:H kemarin, melalui Instagram @akibanation berikut

Kemarin nemu cosplayer keren ini juga 😀 Cute sekali ♡ #Cosplay #Cosplayer #Ragnarog #SAO #Sinon #Clashcosplay

A post shared by Official Akiba Nation (@akibanation) on

Huayo siapa yang tau ini karakter apa? 😀 #Clashcosplay #cosplay #cosplayer #magi

A post shared by Official Akiba Nation (@akibanation) on

Aww~ cantiknya kakak yang satu ini :3 #Clashcosplay #jiroutachi #toukenranbu #cosplay #cosplayer

A post shared by Official Akiba Nation (@akibanation) on

Coba tebak karakter apa ini? 😀 #Clashcosplay #Siegfried #Fate #Apochrypa

A post shared by Official Akiba Nation (@akibanation) on

Comments

LEAVE A REPLY