Hola Akiba-chan dan Akiba-kei. Kemarin ada yang datang ke acara Creator Super Fest 2018 ndak? Dijamin kalian yang datang pasti juga ikutan dong fan meet dengan Siu Tao. Nah kemarin, team Akiba Nation juga berkesempatan lho untuk mewawancarai Siu Tao. Nih berikut ulasannya.

source : https://www.facebook.com/siutaoCOS/

Siu Tao merupakan seorang cosplayer dari Hong Kong yang namanya sudah melebar ke seantero dunia. Ia sudah mulai melakukan cosplay sejak 10 tahun yang lalu. Pertama kali ia tertarik pada cosplay awalnya karena dia suka menggambar manga lalu ia diajak untuk ikut cosplay oleh temannya. Sejak itulah dia mulai terjun ke dunia cosplay.

Siu Tao terkenal dengan cosplay karakter – karakter yang imut. Karakter yang menginspirasi dia adalah Kaga dari Kancolle. Dia jarang meng-cosplaykan karakter dengan armor karena dia tidak terlalu suka kostum yang terlalu rumit.

source : https://www.facebook.com/siutaoCOS/

Bagi Siu Tao hal tersulit dalam bercosplay adalah pada saat membuat kostum, karena ia harus membuat pola dan beserta detailnya terlebih dahulu. Hal tersebut merupakan hal yang tidak mudah baginya. Ia lebih suka untuk membuat properti kostum tambahan dibandingkan dengan membuat kostum.

Karakter yang difavoritkan oleh Siu Tao untuk dicosplaykan adalah Rem dari Re:Zero, lalu Kaga dan Sendai dari Kancolle. Cosplayer yang menjadi inspirasi dan percontohan untuknya dalam bercosplay adalah Chishi dari Jepang.

Siu Tao juga memberikan pandangannya mengenai cosplay. Menurtnya ber-cosplay adalah menjadi sebuah karakter, kalo memang kamu dapat menyerupai karakter yang kamu cosplay-kan itu adalah hal yang bagus, kalau pun tidak kamu harus sebisa mungkin berusaha mirip dengan karakter yang kamu cosplay-kan. Bagi Siu Taoi, ia lebih mementingkan untuk dapat meng-cosplaykan karakter yang dia suka dan memang cocok dengan dia.

source : https://www.facebook.com/siutaoCOS/

Ia juga mengaku, baginya cosplay bukanlah pekerjaan utamanya. Saat ini dia juga mempunyai pekerjaan utama di luar cosplay, karena dia juga memiliki kepentingan lain selain cosplay dalam hidupnya, namun dia tidak menganggap orang-orang yang menjadikan cosplay sebagai pekerjaan utama sebagai hal buruk. Cosplay bagi Siu Tao adalah refreshing dari stress yang dia hadapi sehari – hari.

Sampai saat ini dia sudah mengcosplaykan lebih dari 80 karakter. Menurutnya fans Indonesia sangatlah ramah dan baik-baik. Dia suka melihat komen-komen dari fans Indo lhoo.

Siu Tao juga memberikan tips untuk bisa bercosplay seperti dia adalah menikmati saat cosplay itu sendiri, bukan mementingkan popularitas, dan yang penting adalah “do have fun” dengan cosplay.

Comments

Loading...