Inovasi Yahoo Jepang, “Sawareru Kensa”

Beberapa bulan lalu, Yahoo Jepang bekerjasama dengan NISSAN, MakerBot, dan beberapa perusahaan lain memberikan sebuah inovasi yang diperuntukkan bagi mereka  penyandang disabilitas, khususnya yang tunanetra. Yahoo Jepang menciptakan sebuah alat yang mampu memfasilitasi para tunanetra untuk dapat tetap menggunakan fasilitas internet seperti kita. Mereka menamai alat ini “Sawareru Kensa”, sawareru berarti dapat disentuh dan kensa berarti pencarian, jika diartikan secara keseluruhan artinya alat ini mampu membuat sesuatu (hal yang mempunyai bentuk, tidak abstrak) yang kita cari di internet menjadi bisa kita sentuh.

Munculnya ide tentang alat ini karena pengembang melihat keterbatasan yang pada internet masa kini, yang hanya bisa menghasilkan sesuatu yang bisa dilihat dan didengar. Bagi mereka penyandang disabilitas khususnya yang tunanetra tentunya memiliki keterbatasan pula untuk memanfaatkan internet, sehingga pengembang tertarik untuk membuat sebuah alat yang bisa memfasilitasi mereka yang tunanetra khususnya, untuk  bisa memanfaatkan internet sebagai sesuatu yang saat ini dikenal sangat membantu memberikan informasi pada masyarakat.

Alat ini berbentuk seperti awan putih besar yang di dalamnya terdapat printer 3D, sebuah layar kecil dan dua tombol yaitu tombol berwarna merah dan putih. Cara kerja alat ini juga dirancang sedemikian rupa supaya mudah digunakan, hanya perlu menekan tombol merah sambil mengucapkan apa yang akan dicari kemudian tekan tombol biru untuk mencetak benda yang sebelumnya diucapkan.

Tekan tombol merah dan ucapkan "permohonan mu"
Tekan tombol merah dan ucapkan “permohonan mu”
Layar ini menunjukkan respon ada atau tidaknya benda yang kita maksud
Layar ini menunjukkan respon ada atau tidaknya benda yang kita maksud
Tekan tombol biru untuk "mencetak" benda
Tekan tombol biru untuk “mencetak” benda
"Awas panas!" Jangan coba- coba menyentuh benda yang sedang dicetak.
“Awas panas!”
Jangan coba- coba menyentuh benda yang sedang dicetak.

 

Setelah proses pencetakan selesai, benda yang kita cari bisa langsung diambil di bagian printer 3D

e2b3f66bbdae10334b58a39ef982587c

 

Berikut ini adalah proses pembuatan“Sawareru Kensa

Sementara ini “Sawareru Kensa” hanya ada di Universitas Tsukuba dan telah diujicobakan pada anak- anak tunanetra di Jepang. Munculnya “Sawareru Kensa” ini mendapat respon positif dari masyarakat, karena sangat membantu anak- anak berkebutuhan khusus (tunanetra) untuk memperluas sekaligus memperjelas imajinasi mereka tentang bagaimana sebenarnya benda- benda yang ada di sekitar mereka.

575855b14a122e3cd27db6b377231b86

1

 

 

Sources: SawareruAscii

 

 

SHARE
Previous articleKawaii Hello Kitty Contact Lens
Next articleTricot (トリコ), band Indie Jepang bergenre “Math Rock”?
Selain, DAMN I love Indonesia, I do also love Japan. Jepang memang unik dan aneh-aneh aja gadgetnya. Nah, that's why I'm here, and it's my pleasure to share them to you, readers. Make it sure guys to up date what's new in Japan, here in AKIBANATION!! ;)