Sudah lama diketahui, setelah masa penjajahan oleh Jepang atas Indonesia beberapa ratus tahun eranya, telah banyak meninggalkan jejak yang begitu membekas. Entah itu gaya bangunan, budaya, kebiasaan, ciri khas, dan yang lainnya, Jepang amat mempengaruhi kehidupan penduduk bangsa kita di masa kini. Hingga selama kurun waktu tersebut, akibat saling bersosial satu sama lain, Jepang dan Indonesia memiliki hubungan yang boleh dikata lumayan dekat. Orang-orang Jepang sendiri rata-rata mengetahui hal tersebut karena sudah menjadi sangat terkenal di negaranya.

Berikut adalah apa saja dari Indonesia yang penduduk Jepang pasti tahu.

  1. Ir. Soekarno

Capt. Potret diri seorang Ir. Soekarno

Ya, Ir. Soekarno adalah nama dari orang yang sudah pasti punya hubungan dekat dengan Negeri Matahari Terbit. Perjuangan kerasnya mengusir para rezim pendahulu, bagi mereka dinilai begitu mengagumkan. Dengan kecerdasan dan semangat yang teguh, Bapak Presiden Pertama Republik Indonesia itu dapat menggulingkan kekuasaan Jepang, mengumumkan kemerdekaannya dengan gagah sekali. Oleh sebab itu, pemerintah dan masyarakat Jepang kini amat mengenal nama Ir. Soekarno sebagai hal yang sangat berkaitan erat dengan Hindia-Belanda atau yang sekarang dikenal dengan nama Indonesia.

Akan tetapi, tidak hanya berhasil memerdekakan Nusantara dari penjajah, namun Bapak Soekarno juga dikenal sebagai salah satu pria yang mempersunting seorang Geisha asal Jepang, bernama asli Naoko Nemoto yang mempunyai nama gubahan Indonesia Ratna Sari Dewi. Ibu Dewi sendiri adalah wanita kelahiran Tokyo, jantung kota megapopitan di Jepang. Menjadi istri ke-5 dari tokoh hebat nan luar biasa yang Indonesia punya ini. Oleh sebab itu, Presiden kita Ir. Soekarno sangat dikenal setiap orang Jepang.

 

  1. Sumatera
Orang Jepang
Kerusakan akibat Tsunami di Aceh

Peristiwa yang terjadi pada pulau Sumatera pada tahun 2004 lampau, yaitu tepatnya di Aceh, seperti yang kita ketahui merupakan bencana kategori besar dan mengguncangkan seantero Indonesia, bahkan luar Indonesia, salah satunya Jepang. Ya, apalagi kalau Tsunami? Merupakan hal yang menjadi terkenal di Jepang berikutnya.

Pada waktu itu, dunia pun mengingat sekali peristiwa bencana tersebut, masih diperingati hingga saat ini. Berbondong-bondong relawan datang, bantuan mengucur deras, entah dari dalam atau luar. Ratusan mayat penduduk Aceh bergelimpangan, gedung-gedung luluh lantah. Dan salah satu dari negara yang ada di samping Indonesia kala itu adalah Jepang.

Dengan media sosial dan reporter, nyaris semua penduduk Jepang tahu bahwa Indonesia juga pernah mengalami Tsunami besar yang sering negaranya alami.

 

  1. Pulau Bali
Pemandangan pantai Pulau Bali yg menawan
Pemandangan pantai Pulau Bali yg menawan

Ada banyak hal menarik tentang Indonesia yang begitu populer di Jepang, dan Pulau Bali adalah satu di antaranya.

Semua orang Jepang tiada yang tidak mengenal Bali. Pulau yang mempunyai keindahan pantai-pantai dan juga menjadi tempat wisata turis-turis mancanegara ini, sudah menjadi salah satu tempat favorit bagi orang Jepang. Sedemikian terkenalnya bagi mereka, bahkan kata “Bali” sendiri mewakili Asia. Dengan indahnya padang pasir yang lembut, debur ombak yang merengkuh bibir pantai dengan sangat menawan, begitu pula pada pemandangan hijau yang memanjakan mata, teduh nan indah, Pulau Bali mendapat apresiasi yang besar bagi negeri pemiliknya sendiri, atau belahan dunia lain, termasuk Jepang.

Banyak sekali dalam setiap tahunnya, jumlah wisatawan dan pada traveller yang memasukan Pulau Bali dalam daftar kunjungan mereka, sehingga siapapun orangnya pasti tahu soal Bali.  Terlebih lagi, banyak restoran-restoran khas Bali pula yang tersebar di seluruh Jepang, membuat orang-orang Negara Matahari Terbit ini begitu familiar dengan Pulau Bali serta Indonesia.

 

  1. The Raid

Inilah salah satu obyek seni yang sangat memperkenalkan Indonesia ke mata dunia. Film Action asal Nusantara yang mengguncang sampai perfilman Hollywood tersebut, ternyata juga membuat penonton Jepang terkagum-kagum. Iko Uwais dan Yayan Ruhian, selaku pemain utama dari film tersebut pun diundang ke Jepang untuk live Action di salah satu acara di Jepang. Akhir-akhir ini, Pemeran Protagonis Yayan Ruhian diajak dalam proyek film oleh Sutradara Jepang dalam film berjudul “Yakuza Apocalypse”. Ia memainkan dua peran orang yang berbeda. Sungguh hal membanggakan bukan, Minna-san? Kita patut mengangkat jempol kita dan mendukung secara penuh.

 

  1. Garuda Indonesia

Apabila Minna-san pengguna maskapai Garuda Indonesia, jangan buang boarding pass Minna-san.

Pesawat yang meraih Perhargaan 10 besar maskapai terbaik dunia ini, sangat terkenal di Jepang. Untuk terbang ke Indonesia, Turis Jepang lebih memilih Garuda Indonesia daripada Penerbangan yang asli Jepang. Congratulation to enterprise Indonesia. Semakin tingkatkan pelayanan di masa depan hingga mengundang decak kagum pemerintah, dan menganugerahi penghargaan yang besar!

 

  1. Nasi Goreng, Bakso, dan Rendang

Capt. Nasi goreng khas Indonesia emg enak

Jika ditanya makanan Indonesia, di benak orang Jepang langsung terpikirkan akan 3 khas makanan Indonesia ini. Jepang juga memiliki nasi gorengnya sendiri. Tetapi, menurut mereka milik Indonesia lebih lezat dan enak karena kaya akan rempah-rempah. Oleh sebab itu, yang membuat orang-orang Jepang bertahan tinggal di Indonesia adalah karena makanannya. Sifat mereka yang lebih suka makanan pedas ketimbang manis, sangatlah cocok dengan hidangan yang Nusantara punya. Mereka bisa menghabiskan satu hari penuh demi mencicipi semua makanan khas Indonesia yang terkenal. Weleh-weleh, gembul amat ya? Tapi anehnya, orang-orang Jepang lebih tidak mudah untuk gemuk, dan lazimnya mereka bertubuh proporsional kurus nan tinggi. Ini karena faktor genetik atau apa? Ada yang bisa menjelaskan soal ini? Penulis sedikit-banyak jadi penasaran.

Nah, Minna-san, itulah Apa Saja Dari Indonesia Yang Penduduk Jepang Pasti Tahu. 🙂 Betapa terkenalnya Indonesia. Negara yang terdiri dari 70% perairan dan ribuan pulau ini, ternyata memiliki pesona yang amat memikat negara lain. Oleh sebab itu berbanggalah! Nusantara kita luar biasa kok! 😀 Dan stay tune pada Akiba Nation, kami selalu menghadirkan hal-hal yang menarik seputar Jepang. Membuat pengetahuan Minna-san sekalian bertambah terhadap perkembangan luar negeri.

SHARE
Previous articleMemahami 5 Jenis Bunga Sakura, Yang Belum Kamu Tau!
Next articleSambut Final Arc, “Ansatsu Kyoushitsu” Perlihatkan Sebuah Visual Baru
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.