Dragon Ball begitu jaya di masanya. Animasi asal Jepang ini telah menghias layar kaca Indonesia selama bertahun-tahun. Dengan mengusung pertarungan super saiya yang melebihi ukuran manusia biasa, Dragon Ball sukses memukau anak-anak, terutama dari kalangan laki-laki. Kisahnya pun diwarnai dengan perjuangan, keberanian, serta persahabatan. Para tokoh dibuat begitu bersemangat, terutama yang mengisi suaranya. Para pengisi suara Dragon Ball memang diharuskan lugas, jelas, serta lantang. Dikarenakan mengikuti watak tokoh-tokoh animasi lawas tersebut yang terbilang cukup tegas.

Nah, Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian, sekarang mari kenalan dengan para pengisi suara animasi Dragon Ball dari Indonesia! Mereka adalah maestro yang telah menjadi orang penting di balik anime itu selama ini. Tanpa mereka, tentu sulit bagi kita untuk memahami alur kisah sebuah anime. Terutama, bagi anak-anak yang tidak terbiasa dengan tontonan yang hanya menyediakan terjemah tulisan atau subtitle saja. Kita patut berterima kasih pada voice actor yang sangat bersemangat ini! Siapa sajakah mereka? Berikut merupakan profil singkatnya. ๐Ÿ™‚

1 – Wiwiek Supadmi sebagai Goku, Gohan, dan Goten Kecil

Pengisi suara Dragon Ball untuk karakter utamanya, Son Goku, adalah Wiwiek Supadmi. Ternyata, dia tidak hanya mengisi suara bagi Son Goku saja, melainkan juga Won Gohan dan Son Goten. Meski demikian, Wiwiek tidak menggarap bagian karakter mereka yang dewasa. Dikarenakan ketiga tokoh tersebut memiliki ciri suara yang tebal dan cenderung ‘nge-bass’ setelah menjadi dewasa. Bagi Minna-san yang menyukai Goku, Gohan, dan Goten kecil, bisa tahu bahwa Mbak Wiwiek-lah yang menjadi orang di balik suara keren itu. Kok bisa ya? Hahaha… Padahal yang jadi dubber-nya perempuan, tapi suara yang keluar ‘laki’ banget tuh! Itulah kehebatan Mbak Wiwiek Supadmi!

Minna-san harus mengacungkan dua jempol tangan untuk wanita satu ini, sebab memerankan tiga karakter dalam satu animasi itu tidak mudah! Wiwiek harus bisa membedakan ‘warna’ suara masing-masing dari ketiga karakter di atas, tentunya agar tidak ada kesamaan suara yang membuat penonton bingung. Oleh sebab itu, Wiwiek Supadmi sering mendapat julukan “Masako Nozawa-nya Indonesia”. Hebat, bukan? Bayangkan, biasanya seseorang hanya sanggup mengisi satu atau paling banyak dua karakter suara dalam satu serial anime. Tapi Wiwiek dapat menggarap ketiga karakter sekaligus dalam satu judul animasi. Kebayang susahnya deh, apalagi kalau ada adegan dimana ketiga karakter tersebut sedang berbicara satu sama lain. Hahaha… ๐Ÿ˜€

 

2 – Jeffry Sani sebagai Goku Dewasa

Inilah pria di balik suara Son Goku dewasa yang gagah! Jeffry Sani, begitulah namanya, merupakan pengisi suara Dragon Ball yang terkenal akan suaranya yang macho. Patut Minna-san ketahui, Jeffry berkelahiran tahun 1972 dan memulai kariernya sebagai seorang dubber sejak tahun 1993. Banyak tokoh animasi yang suaranya pernah diperankan olehnya. Mulai dari film animasi kanak-kanak dan remaja seperti Detektif Conan, sampai film asing seperti Anna and The King. Bahkan, menjadi pengisi suara sebuah acara kuis pun dijajal oleh Mas Jeffry.

Baca Juga :ย Kenalan Sama Para Pengisi Suara Animasi Doraemon Versi Indonesia, Yuk!

3 – Endi Raharjo sebagai Vegeta

Sayang banget kita nggak bisa nemu foto beliau yang asli

Ada Goku, pastinya ada Vegeta. Sosok yang sering dieja ‘Bejita’ ini merupakan tokoh antagonis yang sangat emosional, dan Endi Raharjo dipercaya untuk menjadi pengisi suara Dragon Ball sebagai tokoh satu itu. Yah, Vegeta menjadi musuh terbesar sekaligus saingan utama bagi Goku. Ia pula memanggil Goku dengan sebutan ‘Kakarot’ yang sering kali terdengar menjadi ‘Kakaroto’. Jika Minna-san ingin tahu, Kakarot adalah panggilan orang saiya untuk Goku karena Goku terlahir dengan nama Kakarot. Hal ini juga dilakukan oleh Raditz, Nappa, Vegeta, Broly, dan Turles. Dan Mas Endi pantas memerankan sosok berbaju zirah yang mempunyai suara gagah tersebut.

 

4 – Agus Tunggono sebagai Gohan Dewasa

Sayang banget kita nggak bisa nemu foto beliau yang asli

Jika suara Gohan kecil diperankan oleh Wiwiek Supadmi, maka lain halnya ketika ia dewasa. Agus telah terpilih menjadi pengisi suara Dragon Ball untuk karakter yang ganteng, Gohan. Suaranya disebut cenderung lebih ringan dan terdengar manis bila dibandingkan karakter suara Goku yang tebal. Uniknya, Agus juga pernah menjadi pengisi suara untuk karakter Kogoro Mouri sebagaimana halnya Jeffry. Bahkan, Agus diketahui menjadi voice actor bagi tokoh bapak-bapak tersebut terlebih dahulu ketimbang Jeffry, yakni saat anime Detektif Conan pertama kali masuk ke tanah air.

 

ย 5 – Ahmad Zulkifli Lubis sebagai Krillin

Kenal dengan tokoh botak yang lucu satu itu? Pasti kenal, dong. Nah, makanya kenalan juga sama pengisi suaranya, yaitu Ahmad Zulkifli Lubis atau kerap dipanggil dengan nama Iphie Lubis! Minna-san harus tahu, dia merupakan salah satu dubber paling top di Indonesia. Lebih dari 25 karakter anime telah dia perankan. Salah satunya adalah Krillin. Benar sekali, Mas Iphie ialah salah satu pengisi suara Dragon Ball, selain orang-orang di atas.

Sebuah fakta yang tidak terbantahkan, bahwa Iphie telah secara resmi direkrut sebagai dubber di salah satu stasiun televisi swasta. Maka, tak heran bila bukan hanya serial anime yang menjadi โ€˜santapanโ€™ hariannya, melainkan beragam film luar negeri seperti Harry Potter pun menggunakan suaranya. Iphie memang sangat pandai menirukan suara anak-anak hingga orang dewasa, bahkan menambahkan intonasi suara yang pas dengan adegan filmnya. Kemampuan tersebut-lah yang sudah mendukung kariernya selama ini.

 

6 – Diah Sekartaji Wulandari sebagai Bulma

pengisi suara Dragon Ball Akiba Nation

Tokoh berponi yang manis tapi agak judes bernama Bulma itu diperankan oleh Mbak Diah, lho. Wanita kelahiran tahun 1973 ini adalah salah satu dari sekian banyaknya orang yang telah menekuni dunia seni suara sejak muda. Diah bahkan terbilang masih sangat belia ketika menjalani profesi dubber, yakni pada umur 8 tahun. Keren, kan, Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian? Sekecil itu sudah jadi pengisi suara! Sungguh berbakat. Oh iya, selain menjadi pengisi suara Dragon Ball, Diah juga pernah mengisi suara tokoh Menik dalam serial Si Unyil.

7 – Barkah sebagai Piccolo

Sayang banget kita nggak bisa nemu foto beliau yang asli

Mari kita sambut, inilah dia tokoh paling jahat, paling keji, paling sadis sejagat raya, tapi akhirnya tobat maksiat, dia adalah Piccolo! Barkah merupakan pengisi suara Dragon Ball yang mendapat bagian tokoh hijau satu ini. Suara yang agak serak tersebut merupakan suara dari Barkah. Patut diketahui, Barkah telah mengisi suara Piccolo sejak kemunculannya dalam serial anime Dragon Ball. Lucunya, Barkah justru lebih terkenal sebagai pengisi suara telenovela, lho. Meski demikian, tercatat banyak judul anime yang diperankannya. Mulai dari serial Crayon Shinchan sampai dengan Captain Tsubasa.

Itulah profil singkat para pengisi suara animasi Dragon Ball. Menjadi pengisi suara bukanlah pekerjaan yang mudah, Minna-san. Seseorang diharuskan memiliki skill suara yang mumpuni, memahami naskah dialog cerita, dan harus sesuai tempo dengan gerak bibir tokoh yang diperankan. Maka dari itu, kita harus mengapresiasi mereka-mereka yang sudah menghidupkan karakter yang kita gemari selama ini dan membuat masa kecil kita penuh dengan imajinasi tentang Dragon Ball. ๐Ÿ™‚

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here