Mina-san ingat atau tahu mainan Lego? Mainan blok-blok bangun-membangun asal Eropa, yang ketenarannya telah mendunia. Dan tak hanya dijual di Indonesia, tapi juga sampai ke Jepang. Disana malah telah dibuka taman rekreasi LegoLand. Dan taman rekreasi LegoLand Japan tersebut melakukan hal yang luar biasa baru-baru ini. Karena mereka sampai membangun pohon Lego Sakura terbesar di dunia!

Pohon tersebut dibangun untuk merayakan umur satu tahun dari pembukaan taman rekreasi LegoLand Jepang, yang dibuka pada tanggal 1 April 2017 lalu. Pilihan yang sangat cocok, karena pohon Sakura memang sudah bagaikan simbol musim semi di Jepang, dan memiliki peran yang begitu dalam pada budaya tradisional Jepang.

Jadi tak heran kalau LegoLand Jepang tak hanya membangun sebuah pohon Sakura yang terbuat dari Lego, tapi sampai berhasil membangun pohon Lego Sakura yang paling besar yang pernah ada di dunia, yang dibuktikan dengan dicatatnya pohon tersebut dalam Rekor Dunia Guiness, yang juga telah membuat video akan pohon tersebut dalam Youtube mereka.

Dalam video tersebut diperlihatkan behind the scene pembangunan pohon itu, dan diberikan beberapa info detail akan pembuatan pohon tersebut. Dikatakan kalau pohon itu dibangun di pabrik di Republik Czech sebelum kemudian ditransport ke Jepang.

Dibangun dan ditransportnya dalam dua bagian; batang dan akar bawah, dan bagian dahan Sakura atas. Terlihat kalau pohon itu dibangun dengan membangun lego yang membungkus sebuah pipa besi sebagai pendukung.

Pipa itu harus kuat, karena dikatakan total berat pohon lego itu sampai 3 ton! Atau tepatnya 3.333 Kg. Maklum sih, karena total ada sampai 881.470 balok lego yang dipakai untuk membangunnya. Dan hasil akhirnya, berukuran 4.38 x 4.93 x 5.42 meter.

Hasilnya memang menakjubkan untuk dilihat. Dari bunga yang jatuh ke rumput, sampai rumputnya itu sendiri dan juga bebatuan dan akar, semuanya itu dari lego. Dan untuk lebih terasa Wah, ada juga beberapa lampion pada dahan Sakura atasnya, yang dimalam hari bisa menyala.

Bagi mina-san yang mau ke Jepang dan berencana melihatnya, lebih baik dilakukan agak cepat. Karena walau pohon itu terbuat dari plastik dan bisa tahan lama, tapi display pohon tersebut di LegoLand Jepang di Nagoya hanya dilakukan sampai 6 Mei.