Saat ini dunia gaming telah masuk pada generasi berikutnya dengan perilisan Playstation 5 dan XBOX Series X/S, tapi Nintendo tetap tak kalah populer dengan kedua konsol game besar tersebut meskipun konsol Nintendo Switch mereka masih dalam generasi sebelumnya. Tapi untuk tetap bisa bersaing mereka tetap perlu berinovasi, dan inovasi baru mereka adalah model baru dari konsol Switch yang baru diumumkan, yaitu Nintendo Switch OLED!

Sejak pertengahan tahun 2020 lalu telah ada kabar konkrit konsol Nintendo Switch model baru, yang dibuat agar dapat lebih bersaing bersama dengan perilisan Playstation 5 dari Sony dan XBOX Series X/S dari Microsoft. Model baru tersebut dikatakan akan memiliki kekuatan untuk dapat menampilkan grafik 4K, tapi produksinya baru bisa dilakukan tahun 2021.

Setelah itu diberikan update baru diawal tahun ini dimana Nintendo menggaet perusahaan Samsung untuk memproduksi layar OLED untuk model baru tersebut yang akan dibuat lebih besar dari Switch yang ada saat ini. Dan kini akhirnya setelah setahun berlalu, Nintendo benar-benar mengumumkan konsol Nintendo Switch model baru tersebut.

Sesuai dengan pemakaian layar OLED Samsung pada konsol itu, Nintendo Switch baru ini diberi nama Switch OLED, dan disebut Model EL di Jepang, dan memang layarnya yang lebih besar dari Switch sebelumnya. Diperlihatkan beberapa peningkatan yang membedakannya dengan Switch lama, yakni bentuk kickstand yang lebih mantap dengan ukuran lebar dan fleksibel.

Dock dari Switch itu juga memiliki pemasangan kabel yang lebih minim dengan adanya LAN port. Isinya juga lebih besar dengan ruang data sebesar 64GB dan kualitas audionya juga ditingkatkan. Dari segi fisik, Switch OLED identik dengan Switch lama dan itu termasuk pada bagian Joycon, membuat kedua Switch juga bisa saling pakai tukar Joycon.

Dan diumumkan kalau model OLED akan dirilis pada… 8 Oktober 2021! Hari yang sama dengan perilisan game Metroid Prime yang diperlihatkan juga dimainkan pada trailernya. Konsol itu dijual seharga 350 Dollar Amerika dan 38.000 Yen di Jepang dengan dua pilihan warna, set Joycon biru merah seperti Switch original atau set Joycon dan dock putih.

Sayangnya model baru ini tidak dapat menampilkan grafik 4K seperti rumor, yang mungkin bisa jadi alasan kenapa Nintendo mengumumkan konsol itu sekarang dan bukan beberapa minggu lalu pada event game besar internasional E3 2021.