Teknologi Artificial Intelligence telah berjalan lumayan jauh, apalagi di Jepang dimana robot dan mecha populer. Dengan A.I telah dipakai juga dalam industri animanga, seperti untuk membantu menggambar atau merekomendasikan manga. Dan contoh terbaru akan hal itu, adalah pada manga berjudul Paidon, manga yang tercipta dengan memakai artificial intelligence untuk “membangkitkan” mangaka Tezuka Osamu yang telah meninggal.

Tezuka Osamu lahir tanggal 3 November 1928 dan wafat pada 8 Februari 1989. Sebagai mangaka dan creator dengan level workaholic yang legendaris, membuatnya bisa menghasilkan sampai ratusan manga dari beragam genre.

Contoh karyanya yang populer sampai sekarang adalah kisah anak robot Astro Boy atau Tetsuwan Atom, dan selain itu ada juga doctor Black Jack dan Dororo, yang bersama Astro Boy juga telah mendapatkan adaptasi anime modern. Dan masih buanyakk lagi seperti Princess Knight, Phoenix, Kimba, dan lain-lain.

Dan baru-baru ini dirilis manga berjudul Paidon yang merupakan manga Tezuka yang terbaru, dan unik karena dibuat sekitar 30 tahun setelah sang mangaka telah meninggal. Dan itu karena seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, manga Paidon dibuat dengan memakai A.I.

Tapi meskipun begitu sang A.I tidak bekerja sendirian. Perannya mirip dengan tim mangaka, dimana A.I itu yang merancang ceritanya dengan membuat gambaran draft, yang data acuannya diambil dari berbagai manga karya Tezuka Osamu dahulu.

Dan setelah itu gambar draft itu dibuat lebih bagus lagi dan dirapikan oleh para anggota dari Tezuka Production, diantaranya ada TsunoGai pembuat #KonnaBlackJackwaIyada, Kiriki Kenichi pembuat Tokyo Shutter Girl, dan Ikehara Shigeto pembuat adaptasi manga MegaMan.

Manga Paidon itu sendiri bersetting pada tahun 2030 dalam dunia yang sudah sangat digital. Karakter utamanya yang bernama Paidon tinggal di sebuah taman kota bersama burung bernama Apollo diminta tolong dua anak perempuan bersaudara untuk mencari ayah mereka.

Manga tersebut dirilis dalam isu terbaru majalah Morning yang disertai artikel projek tersebut. Sample manga itu bisa dibaca juga online, dan bagi yang subskripsi app premium Comic Days dapat membacanya gratis selama 30 hari kedepan.