Dunia video gaming telah berjalan lumayan lama dan telah begitu berkembang. Dan walau saat ini konsol Playstation 4 dan Nintendo Switch masih lumayan digandrungi dan dimainkan, perkembangan teknologi tetap berjalan, dan pasti akan ada konsol gaming generasi berikutnya. Dan Sony sepertinya sedang bersiap-siap akan hal tersebut, karena baru-baru ini mereka memberi info mengenai konsol Playstation 5!

Yaa memang tak dikonfirmasikan sih kalau namanya akan jadi Playstation 5, tapi setidaknya dalam pembicaraan yang dilakukan antara majalah Wired bersama dengan Mark Cerny, game designer dan arsitek sistem load PS4, ada berbagai info menarik yang diberikan mengenai kapabilitas konsol generasi baru penerus PS4 ini.

Cerny juga terlibat lagi dalam pengembangan konsol baru ini, dimana ia sekali lagi menjadi arsitek sistemnya, dan ia mengatakan kalau konsol baru tersebut sudah dalam tahap pengembangan selama empat tahun.

Konsol baru ini akan membiarkan perubahan yang fundamental mengenai bagaimana sebuah game dapat terbentuk. Berbagai studio game juga telah terlibat dengan konsol ini, dan Sony baru-baru ini mempercepat perilisan alat pengembangan untuk konsol tersebut.

Konsol ini akan menghadirkan chip AMD dengan custom unit untuk audio 3D, dan GPU didalamnya akan berupa variasi custom dari Navi Radeon dan mendukung ray tracing, dan juga memiliki SSD atau Solid State Drive untuk drastis mengurangi waktu loading.

Dan bagi yang khawatir akan nasib PS4 saat konsol ini keluar nantinya, ada kabar gembira karena tak hanya konsol Playstation generasi baru ini juga backward compatible alias dapat memainkan game PS4, tapi game-game PS4 juga tetap akan dirilis bersamaan dengan game konsol baru ini.

Dibicarakan juga mengenai sistem Playstation VR. Cerny tak memberikan jawaban mengenai apakah sistem tersebut juga akan memiliki penerus, tapi headset PS VR yang saat ini masih kompatibel dengan konsol baru ini.

Tapi kapankah konsol playstation baru ini akan dirilis? Sayangnya belum diberikan kejelasan. Cerny sendiri mengatakan kalau konsol tersebut takkan keluar dalam tahun 2019 ini. Semoga tahun 2020 nanti ya keluarnya 😉