Asal sebuah nama bisa karena nama itu memiliki arti atau makna yang disukai atau diinginkan oleh pemberi nama. Atau juga bisa didapat karena ada orang lain yang memiliki nama tersebut yang menginspirasikan sang pemberi nama, seperti Putri Jepang Kako yang menginspirasikan nama merk popok di China. Contoh lainnya adalah pada nama salah satu karakter video game paling terkenal Mario dari Super Mario Nintendo.

Itsame~ Mario~ nama yang sudah sangat diketahui oleh para gamer, bahkan meskipun mereka bukan fans Nintendo atau tidak memainkan game Super Mario. Tapi pada awalnya, karakter itu bernama Jumpman, saat ia pertama muncul dalam game Donkey Kong.

Tapi karena Jumpman bisa dibilang prototype Mario, ada juga yang menganggap Jumpman sebagai Ayah dari Mario. Nama Jumpman itu sendiri memang cocok karena dalam game Donkey Kong, ia lompat-lompat menghindari serangan Donkey Kong. Tapi bagaimana dengan nama Mario?

Nama itu, berasal dari seorang pria bernama Mario Arnold Segale, yang uniknya, tidak begitu ada keterkaitan dengan dunia game. Segale adalah seorang bisnismen dan agen property kelahiran Kota Seattle, Washington. Dan ironisnya, ia bukanlah seorang tukang pipa seperti Mario Nintendo.

Dan alasan ia bisa jadi asal nama Super Mario, adalah karena ia pemilik gedung tempat Nintendo of America bermarkas, alias tuan tanahnya. Saat itu tim Nintendo of America sedang kebingunan memilih nama yang bagus untuk diberikan pada Jumpman saat sedang melokalisasikan game Donkey Kong ke barat.

Dan Pak Segale memberikan impact yang dalam saat ia datang dan memarahi Arakawa Minoru, Presiden Nintendo America saat itu, karena ia telat bayar uang sewa. Melihat Pak Segale yang marah besar pada Arakawa didepan tim itu membuat mereka mendapat inspirasi akan nama Super Mario.

Asal nama yang menarik ya, tapi sayangnya Beliau memberikan sebuah kabar yang bikin sedih baru-baru ini, sebuah kabar duka. Karena Mario Segale dinyatakan meninggal pada tanggal 27 Oktober 2018 kemarin diumurnya yang ke-84 tahun.

Uniknya kabar meninggalnya Pak Segale itu diberikan lumayan bersamaan dengan pengumuman game Super Smash Bros Ultimate World of Light, dimana diperlihatkan dunia Mario dan kawan-kawan di-Thanos-in oleh kekuatan misterius dan jadi hantu. Yang jelas, semoga beliau dapat beristirahat dengan tenang…

Comments