Sebelum menuju ke daftar senjata Ninja, ada baiknya kita menyimak lebih dahulu sedikit penjelasan tentang apa itu Ninja, asal muasalnya, dan juga perkembangannya.

Ninja atau yang lebih dikenal dengan nama Shinobi (忍者 / 忍び) dalam bahasa Jepang dapat berarti “seseorang yang bergerak secara rahasia”. Mereka merupakan mata-mata profesional pada zaman feodal di Jepang yang terlatih dalam seni yang disebut Ninjutsu. Ninjutsu secara kasarnya bisa dibilang “seni pergerakan diam-diam”.

Ninja, sama halnya dengan Samurai, yakni sama-sama mematuhi peraturan khas mereka sendiri yang disebut Ninpo. Sebagian pengamat menyatakan bahwa seorang Ninja berkeahlian dalam hal penyusupan, bukan membunuh. Ninja terdiri dari dua huruf kanji, “Nin” (忍) dan “Sha” (者). Yang masing-masing artinya adalah “tersembunyi” dan “orang”. Jadi secara harfiah Ninja dapat diartikan sebagai “orang yang tersembunyi”.

Sejarah Ninja juga sangat sulit dilacak. Info mengenai keberadaan mereka tersimpan rapat-rapat dalam dokumen-dokumen rahasia Negeri Matahari Terbit. Tidak ada ahli sejarah yang mengetahui pasti asal muasal seni beladiri satu ini. Meski Ninja terkatakan seorang mata-mata profesional pada zaman feodal Jepang, tetapi para Samurai masih memegang kekuasaan tertinggi di pemerintahan. Tepatnya pada abad ke-12.

Pada abad tersebut pertarungan memperebutkan kekuasaan semakin memanas, Minna-san. Informasi tentang aktivitas dan kekuatan serta kelemahan lawan menjadi sangat penting. Didasari hal itu, para Ninja pun semakin aktif. Mereka dipanggil oleh Daimyo (bangsawan) untuk mengumpulkan informasi, merusak gudang persenjataan atau persediaan makanan milik lawan, dan memimpin pasukan penyerbuan di malam hari. Karenanya Ninja memperoleh latihan khusus, termasuk dalam hal menggunakan senjata.

Terlepas dari senjata umum seperti pedang, tombak, dan panah, berikut Akiba Nation sajikan 9 senjata Ninja yang belum pernah diketahui pembaca sebelumnya. Apa saja? Yuk, disimak.

1. Jangkrik

1-jangkrikSeperti kata pepatah. Setinggi-tingginya bangau terbang, pasti akan jadi kecap juga. Eh, maaf, maksudnya jatuh. Oke, abaikan pepatah tadi. Intinya, Ninja tidak selalu berhasil menyembunyikan dirinya. Terkadang ada saja hal yang membuat keberadaan mereka diketahui lawan.

Macam bunyi ranting terinjak, kecipak air dari tanah yang becek, sampai suara jangkrik yang mendadak berhenti lantaran ada orang. Itu semua dapat mengakibatkan seorang Ninja diketahui oleh musuh. Karenanya beberapa Ninja terkadang membawa sekumpulan jangkrik sendiri.

Jangkrik-jangkrik tersebut akan diberi sebuah ramuan yang membuat mereka bersuara secara konstan, guna menyembunyikan bunyi derap langkah kaki dan menyamarkan suara jangkrik lain yang mendadak berhenti karena ada seseorang. Senjata Ninja yang bernomor urut satu ini sangatlah unik.

2. Mizu-gumo

2-mizu-gumoDalam film atau manga (komik Jepang), seorang Ninja sering digambarkan bisa berjalan di atas air. Meski sebenarnya, para peneliti tak dapat membuktikan hal ini secara jelas. Ninja bisa berjalan di atas air masih menjadi perdebatan panjang dalam kalangan ahli sejarah. Namun, bila memikirkan soal Mizu-gumo, yakni sebuah benda yang sering disebut ‘water spider’, kita akan dapat menerima kabar burung yang menyebutkan bahwa Ninja bisa berjalan di atas air.

Mizu-gumo terbuat dari 4 kayu melengkung atau kulit hewan yang dirangkai menjadi satu dengan bagian ke-5 di dalam. Senjata Ninja satu ini memungkinkan mereka berjalan di atas air untuk memudahkan penyelinapan. Meski tak dapat digunakan saat berada di parit sekitar istana, namun amat bermanfaat bila sedang di rawa-rawa.

3. Goshiki-mai

3-goshiki-maiMakanan pokok orang Jepang adalah nasi. Sudah pasti seorang Ninja juga suka makan nasi. Ya iyalah, masa makan besi? *krik-krik-krik* Uhuk, baiklah, kita lanjutkan penjelasan ini. Namun bagi para Ninja, nasi bukanlah sekadar untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Bukan cuma pereda rasa lapar. Melainkan asal muasal nasi, yaitu beras, dapat dipakai juga sebagai kode.

Senjata Ninja ini namanya Goshiki-mai, yakni beras lima warna. Beras tersebut akan diwarnai dengan warna yang tidak sama, kemudian ditata sedemikian rupa untuk menyampaikan pesan rahasia yang tidak diketahui musuh. Biasanya ditaburkan di jalan, dan orang awam tidak akan mengetahui persis bahwa beras tersebut sebenarnya menyimpan pesan rahasia. Orang awam hanya akan melihatnya sebagai beras umum yang tercecer. Namun untuk orang yang dituju pembawa pesan, ia akan tahu arti dari pesan itu.

4. Telur

4-telur

Apa yang Minna-san lakukan bila sedang dikepung musuh? Melempar bom? Ah, telur dapat dipakai untuk jadi bom. Langkahnya yaitu dengan melubangi telur itu, keluarkan isinya, lalu isi dengan serbuk besi, garam, merica, atau apa pun yang dapat mengakibatkan iritasi pada mata dan hidung target. Lantaran telur mudah pecah, maka musuh lebih cepat menerima dampak dari bom rakitan satu ini ketimbang bom sungguhan.

5. Donohi

5-donohiBerada di antara udara dingin itu sangatlah menyengsarakan, Minna-san. Karenanya, Ninja memakai alat yang bernama Donohi. Alat ini sangatlah simpel, namun sangatlah efisien. Mereka menggunakan bahan yang mudah terbakar, seperti bubuk mesiu, alkohol, dan lain-lain, dimasukkan ke dalam suatu tabung bambu, besi atau tembaga lalu menyalakannya.

Desain Donohi membuatnya tampak seperti pemanas portabel. Apinya diperkirakan dapat bertahan selama 4 jam lebih, bahkan sampai berhari-hari. Digunakan ketika para Ninja bersembunyi atau menjalankan misi di tempat yang bersuhu dingin.

6. Saoto Hikigane

6-saoto-hikaganeWalaupun Ninja dapat bertarung, namun pekerjaan paling utama mereka sesungguhnya memperoleh informasi dengan cara sembunyi-sembunyi. Kalau tanpa teknologi, bagaimanakah mereka menyadap informasi milik orang lain? Mudah, yaitu dengan terompet telinga ini.

Saoto Hikigane merupakan senjata Ninja yang memiliki bentuk meruncing, sehingga dapat mengeraskan nada. Terompet ini dapat dipakai di tembok untuk mendengarkan pembicaraan orang di seberang. Apalagi budaya Jepang yang membuat pintu rumah dari kayu dan kertas, membuat Saoto Hikigane berguna sekali.

7. Yatate

7-yatateSesudah memperoleh informasi penting dengan Saoto Hikigane, para Ninja harus menyampaikannya kepada sang majikan. Karenanya Ninja senantiasa membawa suatu kotak penyimpanan rahasia untuk tinta serta kuas dan kertas gulung untuk menuliskan pesan tersebut. Yatate adalah senjata Ninja yang sangat membantu.

8. Nekote

8-nekoteNekote adalah senjata Ninja yang menyerupai kaki kucing. Bentuknya seperti cakar yang dapat dipasang pada jemari tangan. Jika Minna-san pernah menonton film X-Men, maka Nekote tidak asing lagi. Biasanya digunakan untuk membela diri dari serangan musuh.

9. Kanzashi

Senjata Ninja Akibanation

Tidak seperti di film-film yang dimana aktor atau aktrisnya beradegan menggunakan jepit rambut sebagai kunci yang dapat membuka gembok. Kanzashi adalah jepit rambut yang berbeda. Senjata Ninja yang sangatlah kecil ini dipakai untuk menyerang titik vital musuh. Seperti persendian tangan atau kaki sehingga tidak dapat melawan. Dapat juga diolesi racun mematikan atau obat bius.

Itulah 9 senjata yang sebelumnya mungkin tidak pernah kita ketahui. Semoga bermanfaat! 😀

SHARE
Previous articleTim Death Note Membuka Lowongan Kerja Part Time Untuk Cosplayer Ryuk
Next articleAFAID 2016 Kembali Suguhkan Kejutan Besar di Jakarta!
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.