Siapa yang sudah membaca manga baru dari pembuat seri Naruto, Kishimoto Masashi? Manga barunya yang berjudul Samurai 8 Hachimaruden tersebut mulai diserialisasikan minggu ini dalam majalah manga yang sama dengan Naruto, Shonen JUMP, sebagai salah satu manga JUMP baru era Reiwa pertama. Nah kali ini mari kita lihat latar belakang dibalik pembuatan manga tersebut, yang dijelaskan oleh Kishimoto sensei sendiri.

Penjelasan ini diberikan oleh Kishimoto Masashi dalam konferensi pers yang diadakan oleh penerbit JUMP, Shueisha, pada bulan Maret kemarin, untuk memberikan berbagai info mengenai manga barunya tersebut. Kishimoto membukany dengan menjelaskan pekerjaannya dalam manga Naruto, yang mengeluarkan chapter akhirnya tahun 2014.

Setelah Kishimoto selesai membuat manga side story Akairo no Hanatsuzuki, ia merasa sangat lega bisa “lepas” dari Naruto dan merasa sangat lelah untuk menggambar manga lagi. Akan tetapi dua tahun setelah itu, passion dan energi dalam dirinya pulih, membuatnya jadi berpikir kalau ia ingin menggambar manga lagi.

Setelah Naruto memakai tema Ninja, sesuai dengan judulnya, Hachimaruden memakai tema samurai, yang digabung dengan genre sci-fi, kedua hal yang disukai Kishimoto. Kishimoto mengatakan ia ingin menggambar manga berbeda dari dua tema itu, tapi mengingat umurnya, ia memutuskan untuk menggabungkan dua hal itu dalam satu manga.

Kishimoto juga mengatakan kalau manga pertamanya yang ia kirim ke Shueisha sebelum Naruto adalah cerita samurai, walau manga itu gagal menang hadiah apapun, jadi manga Samurai 8 ini seperti “pembalasan” atas hal tersebut.

Ia juga berbicara mengenai mangaka yang menjadi partnernya dalam manga ini, Okubo Akira, yang merupakan mantan asistennya dan kini yang menggambar manga Samurai 8. Kishimoto mengatakan kalau tidak mungkin bisa menggambar manga mingguan seorang diri.

Dan dari satu waktu, serialisasi Naruto juga ia yang menggambar outline chapter dengan bantuan Okubo. Kishimoto juga mengaku kalau Okubo sangat jago menggambar sampai membuat Kishimoto mengaku kalah melihatnya.

Untuk penutup, Kishimoto juga ditanya kira-kira seberapa panjang Samurai 8 Hachimaruden ini. Ia tidak punya gambarannya, tapi Kishimoto mengatakan “bagaimana kalau kira-kira 10 volume untuk saat ini. Jadi ingat dulu pernah dikatakan kalau Naruto panjangnya 15 volume. Pada akhirnya pasti selalu membesar”.