Bermacam-macam manga tersaji setiap harinya dijepang. Mulai dari manga yang bergenre romance, comedy, action sampai supernatural. Bergaram jenis dari manga ini tentunya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembacanya. Salah satu tema yang sering disorot dalam manga shoujo tetapi juga tak jarang ditemui di genre lain adalah tema bullying. Bullying menjadi perilaku mengganggu yang kerap ingin ditonjolkan author supaya pembaca tidak melakukan hal jatah tersebut di dunia nyata. Lalu bagaimana wujud bullying dalam manga bergenre yaoi? Akankah lebih sadis dari manga shoujo? Atau lebih ringan?

Pada kesempatan kali ini mimin membawa beberapa judul untuk akiba-chan dan akiba-kei yang dapat disimak untuk menambah list baca. 😀 Beberapa diantaranya mengandung adegan bullying parah dan tidak dianjurkan untuk para phobia homo 😀

1. Caste Heaven

casteh

Sinopsis:
Ada sebuah sekolah yang memiliki kebiasaan khusus. Di setiap season (yang tak dijelaskan berapa kurun waktunya) pihak sekolah akan mengadakan sebuah game pengkastaan untuk setiap kelas. Dalam game tersebut akan disebar beberapa kartu utama: King/Queen, Joker, Jack, dll. Siswa yang mendapatkan kartu tersebut dan menempati posisi sesuai kartu yang dipegangnya. Bagi yang tak mendapat apa-apa bakal menjadi target (bully) alias pesuruh bagi si pemegang kartu. Azusa, yang pada awalnya merupakan pemegang kartu “king” kini jatuh menjadi kasta terendah. Ia berganti menjadi bawahan Karino yang ternyata lebih sadis dari dugaan banyak orang. Kini, Azusa menjadi target bully tak hanya berupa verbal tetapi juga secara fisik dan seksual. Mampukah ia bertahan dari penghianatan “hati” mantan bawahannya?

2. Yoru To Asa No Uta

yoru to asa

Sinopsis:
Yoru, cowok cool yang bisa menguasai banyak alat musik jatuh cinta kepada sang vokalis slengean: Asaichi. Namun, Asaichi yang menganggap bahwa dirinya “normal” mencoba menapis segala kenyataan dengan membully Yoru secara verbal. Termasuk bahwa Yoru lebih bertalenta ketimbang dirinya. Karena takut dan stress oleh keadaan itu, Asaichi mengajak gokon beberapa gadis termasuk Shori-chan, adik seorang mafia yang awalnya menyukai Yoru. Tak disangka malam itu ia terlalu emosi sehingga malah menampar Shiori. Tak terima adiknya diperlakukan kasar, kakak Shiori yang juga mengal Yoru memutuskan untuk menculik Asaichi. Iapun dibully secara fisik tanpa ampun oleh ketua mafia tersebut. Hanya Yoru yang dapat menyelamatkannya….

3. Manazashi no Hayagane

mayazashi

Sinopsis:
Kehidupan Motou sudah tidak bersahabat sejak masa SMA. Ia kerap dibully teamn-temannya karena berbeda. Dulu saat dibully, ia dibela oleh seorang guru bernama Eri-Sensei yang menyemangatinya dan berkata bahwa suatu saat ia akan tumbuh menjadi pria yang kuat dan tampan. Sampai suatu ketika, ia datang kembali ke sekolah sebagai seorang guru pendamping. Dan bertemu lagi dengan Eri. Cinta lama pun bersemi kembali namun masih ada yang tidak berubah. Kendati sudah menjadi guru, perasaannya pada Eri tetap menjadi pemicu ia dibully. Bahkan oleh murid-muridnya sendiri….

4. Konbini-kun

konbinikun

Sinopsis:
Ceritanya berpusat pada kehidupan Endou, seorang remaja yang lumayan manis. Ia menjalani kerja sebagai part-timer di Konbini pamannya dan bertemu dengan teman satu shift bernama Yamai, seorang pelajar SMA betampang garang tapi hati nya lembut. Suatu hari, gerombolan teman SMP nya tak sengaja berkunjung ke Konbini tersebut dan seketika wajah Endou menjadi pucat. Dari situlah baru diketahui bahwa Endou telah dibully sehingga ia memutuskan untuk berhenti sekolah. Gerombolan tersebut mulai berbicara banyak hal dan menguak seluruh rahasia Endou. Ternyata ia dibully karna ia gay dan anak-anak disekolahnya menertawakan hal tersebut. Takut dijauhi dan merasa akan memberatkan Yamai, Endou berusaha lari dan memendam perasaannya sendiri. Disisi lain ternyata Yamai juga menyimpan perasaan suka pada Endou.

Nah, itulah beberapa judul manga yaoi yang mengandung tema bullying. Tunggu update dari mimin selanjutnya ya 😀 Kalau ada yang ingin diulas, silahkan tinggalkan komentar~ :3