Bullying adalah salah satu perilaku mengganggu yang dilakukan  dengan tujuan mengganggu anak lain atau korban yang lebih lemah darinya.

Di berbagai negara, banyak tindakan – tindakan bullying atau penggencetan yang terjadi di sekolah, tidak terkecuali di Indonesia dan Jepang. Nah, Akiba – chan dan Akiba – kei, kali ini author akan membahas tentang manga – manga yang mengusung tema penggencetan di sekolah dan diterbitkan di Indonesia.

image_large_4dbda2a859da1_FB_IJIME--UNDEFEATED-GUTS-bullying-1

Ijime – Takeuchi Masami & Igarashi Kaoru

Cerita – cerita di manga ini mengangkat kisah – kisah penggencetan yang terjadi di sekolah. Setiap series berisi kumpulan – kumpulan cerita pendek tentang remaja dan bullying.

Ini dia series yang ada dalam Ijime :

  1. IJIME – The Invisible Malice
  2. IJIME – A Wish Never Come True
  3. IJIME – Escape From Hell on Earth
  4. IJIME – Cold Glass
  5. IJIME – If I Have Enough Courage
  6. IJIME – Silent Prison
  7. IJIME – No Need to Cry
  8. IJIME – Lonely War
  9. IJIME – Light and Shadow
  10. IJIME – Undefeated Gut

image_large_4dfb8dce82dbb_FB_SOS-AFTER-SCHOOL-bullying-2

SOS After School – Kohaku Naoto 

Dalam manga ini terdapat empat cerita, SOS After School, Tears After SchoolMelancholy After School, dan Special Story : Girls Be Lovely!! Manga ini menceritakan tentang persahabatan tiga siswi SMP yang sedang menghadapi persiapan masuk SMA. Shie, Saki, dan Nana. Sayangnya, persahabatan ketiga gadis ini retak saat salah satu dari mereka terkena bashing di “Situs Belakang Sekolah”, yaitu situs gossip lingkup sekolah yang memiliki pengaruh besar. Bagaimana kelanjutan persahabatan ketiga gadis ini?

16155081._UY475_SS475_

Tomodachi – Asumi Hara

Manga yang terbit di Indonesia dengan judul “Teman” ini juga memiliki cerita yang tidak kalah menarik. Yamato yang membayangkan pertemuan kembali yang mengharukan dengan Ai, sahabat baiknya, menemukan Ai telah berubah menjadi sosok manusia yang amat berbeda. Bahkan sampai tidak mempedulikannya! Yamato yang kaget pun tidak dapat dipungkiri merasa kecewa. Yamato pun mencari jalan agar persahabatannya dengan Ai dapat kembali lagi. Manga ini terdiri dari tiga volume dengan kualitas cerita yang benar – benar kece!

8506683

School x Fight – Asumi Hara

Masih dengan mangaka Asumi Hara, hanya saja kali ini dengan judul yang berbeda. School x Fight bukan saja menceritakan tentang penggencetan yang terjadi di sekolah, tetapi juga tentang diskriminasi! Manga yang terdiri dari 4 volume ini menceritakan tentang sistem strata di Perguruan Santa Maria Hanafuji dan siswa – siswinya. Di Perguruan itu, kelas dibagi menjadi lima strata, yaitu strata satu (tertinggi), strata dua, strata tiga, strata empat, dan strata nol (terendah). Hanya anak – anak istimewa yang bisa masuk ke kelas strata satu dan anak – anak “buangan” lah yang akan menempati kelas strata nol.

Mirai Hayasaka tiba – tiba bisa masuk kelas 3 – 1, hanya karena menolong Ryo, si Pangeran Sekolah. Kelas 3 – 1 adalah kelas yang berisi anak – anak orang kaya, yang tentu saja punya fasilitas lebih. Namun, Mirai merasa ini bukan kelas yang cocok untuknya… Penggencetan dari strata tinggi ke rendah dan diskriminasi antar kelas digambarkan dengan sangat kental oleh Asumi Hara.