Sesuatu yang kadang suka terjadi dalam dunia anime, adalah bisa adanya pergantian studio yang memproduksi sebuah seri. Kadang pergantian untuk remake, atau bisa juga terjadi saat berganti ke season baru. Anime Shingeki no Kyojin Attack On Titan adalah salah satunya yang mengalami hal tersebut, dimana season finalnya dianimasikan oleh studio MAPPA, dan baru-baru ini ditemukan alasan pergantian tersebut.

Seri Shingeki no Kyojin berawal dari manga buatan Isayama Hajime. Manga tersebut kemudian mendapatkan adaptasi anime oleh studio Wit yang tayang dari tahun 2013, dan lanjut membuat season 2 dan juga season 3. Tapi kemudian diumumkan kalau season 4 dan terakhir anime itu tak lagi dianimasikan oleh Studio Wit.

Produksinya diganti jadi studio MAPPA, dan sutradaranya juga diganti dari Araki Tetsuro menjadi Hayashi Yuichiro. Dan alasan pergantian itu ditemukan dalam isu November 2020 dari majalah anime NewType, yang dijelaskan oleh produser anime Shingeki no Kyojin; Tateishi Kensuke, Maeda Toshihiro, Kinoshita Tetsuya.

Dikatakan kalau pergantian itu sudah dibicarakan sejak season 3 dalam pembuatan. Dikatakan mereka ingin menaikkan Shingeki lebih tinggi lagi, tapi setelah dibicarakan dengan Wit, mereka merasa kesulitan melanjutkannya, maka diputuskan untuk cari studio lain lagi. Dikatakan berbagai studio menolak tawaran itu karena tekanan yang besar akan kualitas anime Shingeki.

Tapi akhirnya ada jawaban dari studio MAPPA, dan setelah dibicarakan lagi dengan Wit, mereka merasa lega karena MAPPA adalah studio yang terpercaya dapat menanganinya. Dan didorong lagi dengan studio itu mengatakan anime Shingeki harus dapat ending yang cocok demi fans. Maeda juga mengatakan kalau semangat mereka terlihat pada PV season terakhir itu.

Para produser juga mengatakan kalau mereka sangat yakin ingin mengadaptasikan manga Shingeki no Kyojin benar-benar sampai akhirnya, dan tidak berhenti di tengah-tengah. Dengan Kinoshita mengatakan ia merasa itu adalah kewajibannya setelah ia melihat reaksi dari season pertama anime Shingeki saat Titan Eren menutup tembok.

Memang sih PV Shingeki no Kyojin final season kemarin terlihat begitu apik, dan kalau itu pasti benar buatan MAPPA, maka dari segi animasi mereka memang menyaingi animasi Wit dari season sebelumnya. Tak sabar nih menantikan season final itu pada bulan Desember 2020 nanti 😉