Pernah kalian merasa sangat letih saat atau setelah bekerja? Dan sudah mencapai limitnya sebelum mendarat di kasur rumah yang nyaman? Kalian mungkin secara tidak sadar akan tertidur seanggukan. Bahasa jawanya “mak sliyut”. Tertidur yang sudah tidak bisa dicegah lagi ini kalau di Jepang disebut INEMURI (居眠り).

Baca Juga: 5 Hal Yang Bikin Kaget Orang Jepang Saat Hidup Di Luar Negeri

Di beberapa negara, pada umumnya tidur pada saat jam kerja meski sekejap menjadi nilai merah tersendiri. Bahkan bisa membuat akiba-chan dan akiba-kei dipecat! Tapi tidak di jepang. Meskipun terkenal sangat tepat waktu, sangat disiplin dan tidak kenal ampun, Jepang masih dapat menerima Inemuri.

Inemuri

Bagi negara jepang, Inemuri (bisa disebut juga tidur siang sekejap) sering dianggap sebagai tanda bahwa orang tersebut tekun. Rekan dan atasan mungkin berbaik sangka bahwa pelaku inemuri telah bekerja keras sendirian sampai kelelahan dan mencapai batasnya. Jadi mereka memaklumi jika ada yang tertidur saat rapat, di depan pc maupaun di kendaraan-kendaraan umum saat jam pulang kerja. Wooos… tapi bukan yang tidur kayak pejabat kita gitu ye… yang sampe mangap-mangap :v

Inemuri sendiri memiliki arti umum “sleeping on duty”. Peneliti mengatakan inemuri dipandang wajar oleh masayarakat matahari terbit tersebut. Dan seringnya, terjadi pada karyawan senior dan pekerja kantoran. Mengapa? Karena karyawan senior lebih banyak menghandle tugas, dan karyawan baru atau junior biasanya masih memiliki semangat tinggi untuk bekerja tanpa merasa letih. Ini sudah menjadi budaya mereka.

Kejadian inemuri bisa dialami baik pria maupun wanita. Namun biasanya wanita lebih hati-hati karena bila posisi tidurnya tidak tepat bisa tetep jadi bahan cemoohan. Nggak beda jauh lah sama sini kalo masalah kaum wanita ya. 😀 Ngomong, ngomong, ini bukan budaya baru lho. Dikutip dari Dr. Steger via nytimes, Inemuri di Jepang sudah dipraktekkan sejak seribu tahun lalu!

Lalu, mengapa tidur saat kerja yang dianggap tabu di negara lain malah dimaklumi oleh orang jepang? Jawabannya adalah karena lebih baik tidur sebentar dari pada mati kelelahan saat bekerja (karoshi). Tau sendiri kan orang jepang dikenal gila kerja banget. Namun ingat, pada prakteknya di zaman modern ini, inemuri tidak sekedar kegiatan tidur bebas lho ya. Bila terjadi di kantor, tidak akan lebih lama sampai berjam-jam. Pasti akan ada rekan yang berbaik hati membangunkan. Berbeda saat di kendaraan umum/perjalanan pulang. Selama tidak mengganggu, orang akan membiarkanmu tidur lebih lama.