Masa yang bagus bagi fans animanga di Asia Tenggara termasuk Indonesia, dengan semakin banyaknya opsi untuk mengakses animanga secara legal. Walau saat ini bioskop lagi susah, tapi sebelum ini ada distributor yang mau membawa banyak film anime ke bioskop Tanah Air, dan munculnya tempat nonton atau baca animanga yang tak hanya legal dengan subtitle tapi juga gratis, contohnya MangaPlus Shonen JUMP.

MangaPlus adalah situs resmi yang dibuat oleh Shueisha, penerbit dari majalah manga Shonen JUMP dan juga penerbit seri manga yang diserialisasikan majalah manga tersebut. Situs tersebut pertama dibuat untuk pembaca JUMP region Jepang, China, Korea, tapi kemudian dari awal tahun 2019 mulai diluncurkan versi internasional Inggrisnya yang bisa diakses diluar region itu.

MangaPlus adalah tempat untuk dapat membaca seri manga JUMP secara legal, dengan perilisan translasi yang juga cepat, dan yang paling mantap adalah mereka gratis. Dan kualitasnya didorong lebih bagus lagi dengan katalognya, dimana ada banyak seri JUMP yang dapat dibaca, dengan ada sampai lebih dari 60 seri manga JUMP disitu.

Memang ada sedikit kendala, dimana mereka hanya merilis 3 chapter pertama dan 3 chapter terbaru, tapi bagi fans yang tipe bukan pembaca maraton yang rajin baca setiap minggu, itu jadi tempat yang pas dan memuaskan.

Dan sekalian balik ke topik, Momiyama Yuuta sang editor dari MangaPlus baru-baru ini berkomentar di Twitter, dimana ia menunjukkan list Top 20 negara dengan jumlah pembaca situs MangaPlus yang terbanyak berdasarkan data yang didapat dari bulan kemarin.

Untuk peringkat 20-11 ada negara Singapore, Vietnam, Inggris, Canada, India, Prancis, Colombia, Chile, Argentina, dan Italia. Lalu untuk yang masuk dalam peringkat Top 10 teratas, ada Jerman, Peru, Brazil, Malaysia, Spanyol, Filipina, Mexico.

Dan pada posisi Top 3, adalah sesuatu yang lumayan membanggakan karena negara kita, Indonesia, menempati peringkat 3! Dimana yang diatas kita adalah Thailand pada peringkat 2, dan Amerika Serikat lumayan wajar menempati peringkat pertama.